KPU Pantau Verifikasi Balon Independen

Senin, 13 Juli 2015 - 10:30 WIB
KPU Pantau Verifikasi Balon Independen
KPU Pantau Verifikasi Balon Independen
A A A
SIMALUNGUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memantau ketat proses penetapan pasangan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota dari jalur perseorangan yang akan ikut Pilkada Kota Pematangsiantar, Desember nanti.

Dalam kunjungan supervisi ke KPU Kota Pematangsiantar, Minggu (12/7), Ketua KPU Husni Kamil Manik di dampingi Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan,pihaknya berharappenetapan pasangan calon dilakukan secara profesional serta tetap berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pilkada.

“Di Kota Pematangsiantar sampai tujuh pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur perseorangan yang menyerahkan berkas pencalonan untuk diverifikasi. Ini sangat berbeda dengan daerah lain, yang paling banyak hanya lima pasangan, itu pun jarang,” ujar Husni. Dengan banyaknya bakal calon jalur independen, akan menambah beban kerja para komisioner KPU Kota Pematangsiantar dan jajarannya.

Namun, harus tetap mengedepankan profesional dan independensi serta berintegritas dalam penetapannya nanti. Husni juga mengapresiasi kinerja KPU Kota Pematangsiantar. Sejauh ini yang dinilainya sudah bekerja dengan baik dan diharapkannya terus dipertahankan.

Dengan demikian, pelaksanaan pilkada bisa berjalan aman dan lancar. Sementara itu, Ketua KPU Pematangsiantar Mangasi Tua Purba didampingi komisioner divisi teknis Batara Manurung mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap dukungan identitas KTP dari tujuh pasangan bakal calon.

“Dari tujuh pasangan balon wali kota dan wakil wali kota Pematangsiantar yang sudah menyerahkan berkasnya mencapai 171.474l identitas,” ujarMangasi.

Ricky hutapea
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3279 seconds (0.1#10.140)