Soekarwo Pantau Erupsi Gunung Raung

Minggu, 12 Juli 2015 - 14:14 WIB
Soekarwo Pantau Erupsi Gunung Raung
Soekarwo Pantau Erupsi Gunung Raung
A A A
BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, memantau aktivitas Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Sanggon, Kabupaten Banyuwangi.

Selain melakukan pemantau, Gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan kebutuhan dalam penanganan bencana Gunung Raung. Pakde Karwo bersama Bupati Banyuwangi tiba di pendopo Kecamatan Songgon sekitar pukul 09.00 WIB.

Di Pendopo ini, Pakde Karwo mendengarkan pengarahan dari BPBD Kabupaten Banyuwangi serta langkah-langkah dalam penanganan bencana letusan Gunung Raung. Dari tempat tersebut langsung beranjak menuju Pos Pantau sekitar 20 KM dari lokasi tersebut.

Menurut Pakde Karwo, dalam penanganan bencana ini Pemprov Jatim telah melakukan sejumlah langkah-langkah. Salah satunya adalah gladi posko yang dilakukan bersama pemerintah kabupaten.

"Aktivitas Gunung Raung memang demikian. Bisa dibilang ini adalah siklus lima tahunan. Gladi Posko ini untuk mengetahui bagaimana langkah warga ketika bencana itu terjadi dan dilakukan setiap bulan September," kata Pakde Karwo di Pos Pengamatan Gunung Api Raung, Minggu (12/7/2015).

Soekarwo juga menyebut, tidak hanya Gunung Raung, bencana apapun yang terjadi di Jawa Timur harus ditangani oleh provinsi yang bekerjasama dengan kabupaten setempat. Juga dengan bantuan juga harus satu manajeman dengan provinsi.

"Contohnya saat bencana erupsi Gunung Kelud tahun 2014 lalu. Seluruhnya melalui koordinasi BPBD Jawa Timur dan bersama Kabupaten Kediri," terangnya.

Langkah ini terbukti efektif untuk meminimalisir korban. "Gunung Raung pun demikian menjadi bencana propinsi yang bekerjasama dengan kabupaten kota. Jika Pusat ingin membantu harus di bawah satu manajemen dengan propinsi," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4702 seconds (0.1#10.140)