Bazda Sibolga Himpun Dana Rp1,5 Miliar

Rabu, 08 Juli 2015 - 08:20 WIB
Bazda Sibolga Himpun Dana Rp1,5 Miliar
Bazda Sibolga Himpun Dana Rp1,5 Miliar
A A A
SIBOLGA - Menghadapi Idul Fitri 1436H, Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Sibolga menggelontorkan sebagian dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS), yang berhasil dihimpun kepada 3.500 warga di daerah itu masing-masing sebesar Rp250.000.

Pembagian dana zakat dibagi di tiga lokasi berbeda untuk mengantisipasi kepadatan dan antrean warga di antaranya, Masjid Agung Sibolga di Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota; Masjid Al-Muchlisin di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas; dan Masjid Al- Ishlah, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk turut membagikan dana ZIS tersebut di MAsjid Agung Sibolga, Selasa (7/7). “Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, total dana yang dihimpun maupun disalurkan mengalami pertumbuhan dan peningkatan signifikan setiap tahun. Berbeda sejak saya baru menjadi Wali Kota Sibolga tahun 2010 silam, total penghimpunan dana ZIS pada Bazda Kota Sibolga hanya berkisar Rp200 jutaan saja,” kata Syarfi.

Menurut Syarfi, penerima manfaat dana Bazda tidak hanya kaum fakir dan anak yatim, tapi juga disalurkan dalam bentuk beasiswa bagi siswa SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendukung pendidikan. Dia pun mengimbau para penerima manfaat menggunakan dana santunan dengan baik untuk menyambut Idul Fitri 1436H.

“Di tengah sulitnya perekonomian bangsa saat ini, kita harus ikhlas menjalankan ibadah puasa kita. Ayo kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang muttaqin,” kata Syarfi Hutauruk.

Dalam kesempatan itu, Syarfi juga mengatakan, pertumbuhan penghimpunan dana ZIS pada Bazda Kota Sibolga terjadi setelah pemberlakuan pemotongan gaji pegawai negeri sipil (PNS) yang beragama Islam sebesar 2,5% per bulan. Hal ini sesuai ketentuan hukum dan syariat Islam. “Awalnya kebijakan ini dikritik dan dikecam. Tapi saya tak peduli karena kebijakan ini nanti dapat saya pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” kata Syarfi.

Sementara Ketua Bazda Sibolga, M Sugeng menyebutkan, dana yang disalurkan kepada warga mustahiq ini berasal dari penghimpunan dana ZIS yang hingga Juni 2015 mencapai lebih dari Rp1,5 miliar.

Jonny simatupang
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)