Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan

Senin, 06 Juli 2015 - 10:26 WIB
Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan
Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan
A A A
BANTUL - Aparat gabungan Polres Bantul, TNI, Satpol PP, mengamankan ribuan petasan dan puluhan kendaraan roda dalam razia yang mereka gelar di Stadion Sultan Agung (SSA), kemarin.

Dalam razia tersebut ratusan petugas terpaksa ha - rus diturunkan mengingat ba - nyaknya sasaran yang harus dirazia. Stadion Sultan Agung selama ini dikenal sebagai tempat kon sentrasi massa setiap habis salat subuh atau sebelum ber - bu ka puasa. Sebab di stadion ini, selain tempatnya luas juga la yaknya seperti pasar tiban. Ra tusan pedagang berkumpul men jajakan barang-barang me re ka. Tak sekadar tua dan mu da, tetapi anak-anak juga me nuju ke kawasan ini untuk sekadar berlibur.

Kepala Satuan (Kasat) Sa - bha ra Ajun Komisaris Polisi (AKP) Riyono menuturkan, ra - zia kali ini merupakan tindak lan jut dari keluhan masyarakat yang mengaku sangat terganggu dengan aktivitas ibadah me - re ka karena bunyi petasan yang sa ngat keras setiap saat di ka wa - san stadion kebanggaan milik rakyat Bantul ini. Razia ini juga merupakan tindak lanjut program kerja 100 hari kapolri yang baru.

“Kami ingin men cip takan suasana yang nyaman untuk beribadah,” katanya, kemarin. Riyono, selain dikonsentra - sikan di kawasan Stadion Sul - tan Agung, setiap polsek juga menggelar razia yang sama. Sa - saran utama adalah petasan dan nantinya jika kedapatan ada kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan suratsurat juga akan ditindak. Mo - tor akan diangkut ke polsek ma sing-masing dan ke polres.

Untuk kendaraan bermotor juga merupakan tindak lanjut dalam operasi kendaraan ber - mo tor karena di beberapa wi la - yah polres yang ada di DIY juga banyak terjadi pencurian ken - daraan bermotor. Razia ken da - ra an ini merupakan tindakan mencegah angka kriminalitas yang belakangan mengalami tren kenaikan. “Semuanya akan kami razia. Motor tanpa su ratsurat akan kami serah kan ke reskrim (reserse dan kri minal) untuk diproses,” papar nya.

Dalam razia kali ini petugas harus berkali-kali menyisir setiap kendaraan bermotor yang digunakan oleh para pengunjung. Pengunjung beserta sepeda motornya juga dirazia untuk me nemukan barang-barang yang mencurigakan. Di pintu masuk dan keluar, petugas sudah bersiap siaga merazia seluruh kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

Kapolsek Sewon Kompol He ru Setyawan menuturkan, ra zia kali ini memang harus jeli. Karena aparat kepolisian dengan pengunjung harus kucingkucingan. Tak sedikit polisi me - ne mukan petasan dengan ukuran besar yang mereka sembu - nyikan di semak-semak dan di balik pot bunga.

Petasan-pe ta - san tersebut lantas dibawa ke Ma polsek untuk dimusnah - kan. “Kami juga merazia balapan liar, soalnya di sini (Stadion Sultan Agung) sering digunakan untuk balap liar,” tandasnya.

Erfanto linangkung
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)