Demo, Karyawan PT InTI Tuntut Pembayaran Gaji Juni

Jum'at, 03 Juli 2015 - 09:18 WIB
Demo, Karyawan PT InTI Tuntut Pembayaran Gaji Juni
Demo, Karyawan PT InTI Tuntut Pembayaran Gaji Juni
A A A
BANDUNG - Sekitar 500 Karyawan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT InTI) menggelar aksi demontrasi di pelataran Gedung PT InTI, Kota Bandung, kemarin.

Mereka menuntut pembayaran gaji Juni yang belum turun hingga awal Juli ini. Selain mempersoalkan ke - terlambatan pembayaran gaji Juni, pekerja BUMN itu juga me ngajukan tiga poin tuntutan lainnya. Aksi spontan karyawan dari berbagai divisi ini di - motori oleh beberapa kar - yawan yang merangkap aktivis Ser ikat Pekerja. Mereka menuntut pembayaran gaji yang terkesan tersendat sejak awal 2015.

Gaji yang biasanya dibayarkan setiap tanggal 25, mengalami keterlambatan hingga akhir bulan. Pun caknya, hari ini para karyawan me - lakukan aksi demo yang berisi pemenuhan hak dasar berupa gaji, pembayaran THR, uang pensiun, dan cuti. Salah seorang peserta aksi de montrasi yang enggan di - sebutkan namanya me nga - takan, aksi demo ini untuk mengingatkan dewan direksi.

“Kami sudah sejak Januari (gaji) telat terus. Hari ini puncaknya, karena bulan ini belum gajian. Ini lohkaryawan belum gajian, kami juga butuh buat makan,”kata dia. Peserta demo lainnya tak kalah lantang bersuara. Dia menduga, ada mafia di ka la - ngan petinggi perusahaan. Dia megaku dipaksa pindah divisi saat menagih dana SPJ pada proyek PLTS November 2014 silam. “Saya bukan nuntutke nai k - an gaji, saya hanya me nun tut hak saya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pub - lic Relation PT InTI Hen drix mengatakan, pihaknya meno - lak tuduhan adanya keter - lambatan pembayaran gaji pada bulan-bulan se bel um - nya. “Saya rasa dari bulan Ja - nuari nggak telat. Karena me - mang pembayaran gaji kami di akhir bulan. Jadi bisa dika t a - kan bahwa tidak telat,” ujar Hendrix.

Aksi demo tersebut ber lan - jut dengan mediasi di audito - rium gedung utama PT InTI, antaramanajemen dan pihak pen demo. Mediasi berlang - sung selama dua jam dan di - hadiri Direktur Utama PT InTI Tikno Sutisna. Diskusi tersebut berlang - sung kondusif,dengan agen da mendengarkan aspirasi pen - demo, klarifikasi, dan pen ca - paian solusi.

Tiga orang dari jajaran direksi pun melakukan bargaining untuk mencapai ke - sepakatan dengan pihak kar - yawan. Hasilnya, PT InTI berjanji akan membayar gaji karyawan bulan Juni yang belum di be - rikan. Pembayaran akan dila - kukan secara bertahap sesuai dengan posisi karyawan, yakni pada 3, 7, dan 10 Juli.

Pihak PT Inti berjanji akan melunasi semua gaji karyawan yang belum terbayar. Sa yang - nya, pihak manajemen enggan memberikan keterangan lebih lanjut kepada media. Beberapa awak media yang awalnya akan meliput demo tersebut, juga dihalang-halangi masuk ka - wasan perkantoran PT InTI.

mg-11
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7629 seconds (0.1#10.140)