Asyiknya Patroli Sambil Sahur Bareng Bersama Warga

Rabu, 24 Juni 2015 - 07:30 WIB
Asyiknya Patroli Sambil Sahur Bareng Bersama Warga
Asyiknya Patroli Sambil Sahur Bareng Bersama Warga
A A A
Suasana kota Bandung sejak dini hari kemarin tampak sepi, jalanan Kota Bandung saat itu tampak lengang dari lalu lalang kendaraan dan kesibukan warga.

Di senyap suasana kota saat itu, mobil Patroli Polsek Regol terlihat melaju santai membelah jalanan Kota Bandung. Kedua mata petugas menyisir mengawasi keadaan kota yang saat itu masih hening masih tertidur. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Regol, Kompol Fauzan, mobil patroli yang dibagi dua kelompok ini menyisir jalanan wilayah hukum Regol.

Masing-masing kelompok terdiri dari tiga kendaraan roda empat, sebagian ke arah Jalan Pungkur, sebagian ke arah Moh Toha nantinya titik temu para petugas patroli ini akan berada di Masjid Jawa barat yang berada di Alun-Alun Kota Banndung. Mereka berpatroli berkeliling di sekitar Wilayah Hukum Regol, patroli ini dilakukan guna menjaga kemanan dan ketertiban masyrakat pada saat bulan Ramadan.

Sekitar pukul 03.00 WIB. Akhirnya mereka tiba di Masjid Jabar, namun ada yang unik di masjid terbesar di Kota Bandung ini, para anggota polisi ini tak hanya melakukan patroli lalu mengajak puluhan linmas, tukang becak serta tuna wisma yang berada di sekitar masjid untuk melakukan buka bersama. Mereka lalu duduk membentuk lingkaran didepan Masjid Jabar, untuk melakukan sahur bersama.

“Kegiatan yang kami lakukan ini, merupakan silaturahmi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat serta instansi pemerintah terkait untuk bekerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar lebih kondusif,” ujar Kapolsekta Kompol Fauzan Sahril kepada wartawan di lokasi. Adannya kegiatan ini, lanjutnya, setidaknya kepolisian bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadan saja. Melainkan di bulan lainnya pun kegiatan seperti ini sering kami lakukan,” sambungnya. Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan di bulan Ramadan ini angka kriminalitas kerap naik, apalagi menjelang sahur. Upaya mencegah atau meminimalisasi tindakan kejahatan kegiatan ini sedikitnya cukup berhasil.

“Kami akan lakukan ini setiap hari. Sambil mengajak para keamanan lingkungan atau pun masyarakat yang berada di sekitar Kecamatan Regol sahur bersama sambil menjaga keamanan lingkungan yang berada di wilayah hukum Polsekta Regol,” terangnya yang didampingi Kanit Reskrim AKP Deden A Yani Kapolsek menambahkan ada sebanyak 50 motor pelaku balap liar yang sering beraksi di wilayah kecamatan Regol khususnya di Jalan BKR, berhasil diamankan anggota.

Penangkapan pelaku balap liar ini dilakukan lantaran telah menggangu kenyamanan warga yang sedang menjalankan sahur ataupun ibadah Subuh, pasalnya para pelaku pembalap liar yang kebayakan remaja tanggung ini kerap beraksi menjelang Sahur hingga pagi hari sekira pukul 06.00 WIB Dikatakan, beberapa titik yang kerap dijadikan ajang balapan liar yang berada di wilayah Kecamatan Regol disisir oleh seluruh anggota.

Kebanyakan kendaraan yang dipakai balap itu juga sepeda motor yang tak memiliki kelengkapan kendaraan juga tak memenuhi persyaratan. Mereka kemudian diberi pembinaan dan surat tilang, hanya rencananya surat tilang tersebut akan dikeluarkan usai lebaran nanti. Sedang pemilik kendaraan atau pemuda-pemudi tanggung yang ikut diamankan di Kantor Mapolsekta Regol.

Agie Permadi
Kota Bandung
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)