Waspadai Musim Kemarau Panjang

Selasa, 23 Juni 2015 - 02:01 WIB
Waspadai Musim Kemarau Panjang
Waspadai Musim Kemarau Panjang
A A A
MAJALENGKA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka mengimbau para petani untuk menyiapkan mesin pompa air, menyusul akan terjadinya fenomena El Nino.

Tak hanya itu, Forecaster BMKG Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka Ahmad Faa Iziyn juga meminta kepada masyarakat Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) untuk mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau yang diprediksi lebih panjang dari tahun sebelumnya.

"Fenomena itu akan membuat musim kemarau bertambah panjang dan suhu udara semakin panas dan kering," kata dia, Senin (22/6/2015).

Berdasarkan data yang bersumber dari BMKG Pusat Jakarta, El Nino di Bulan Juni pada kondisi "sedang" (moderate). Namun, kondisi itu berpeluang menguat pada bulan selanjutnya.

Kondisi tersebut, menurutnya, diperkirakan berlangsung hingga November 2015. Tak hanya itu, masih menurut data yang bersumber dari BMKG Pusat Jakarta, dengan adanya El Nino, suhu udara akan semakin tinggi/panas dan kering.

Bagi bidang pertanian, El Nino akan menyebabkan berkurangnya air tanah yang berdampak kekeringan. Selain itu, fenomena tersebut juga akan menyebabkan mundurnya awal musim hujan 2015.

Dampak El Nino itu akan dirasakan di Sumatera Selatan, Lampung, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Jawa. "Termasuk akan dirasakan juga di Wilayah Ciayumajakuning," kata dia.

Faiz menyatakan, dalam kondisi normal, suhu udara saat puncak kemarau pada September-awal Oktober biasanya 24-35 derajat celsius. Namun, akibat El Nino, suhu udara maksimumnya bisa mencapai 37 derajat celsius.

Faiz juga mengimbau para petani di wilayah Ciayumajakuning untuk waspada. Dia berharap, para petani menyediakan pompa air untuk menyedot air guna mengairi tanaman.

"Saat ini hujan jarang turun dan intensitasnya rendah. Masyarakat juga perlu waspada karena kondisi cuaca saat ini khususnya kecepatan angin di Kabupaten Majalengka sangat kencang," kata Faiz.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4140 seconds (0.1#10.140)