Merugi, Dewan Minta Pemprov Evaluasi Perusda

Jum'at, 19 Juni 2015 - 08:55 WIB
Merugi, Dewan Minta Pemprov Evaluasi Perusda
Merugi, Dewan Minta Pemprov Evaluasi Perusda
A A A
SEMARANG - Kalangan DPRD Jateng meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk mengevaluasi perusahaan daerah (perusda) karena masih ada perusda yang tidak menguntungkan.

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Jateng Sriyanto Saputro mengatakan masih ada perusda milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang belum sepenuhnya memberikan keuntungan bagi pendapatan asli daerah (PAD). “Sehingga perlu dilakukan evaluasi,” kata dia di Semarang kemarin.

Sriyanto mencontohkan PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan Jateng (PRPP) diperkirakan mengalami kerugian secara kumulatif senilai Rp6,9 miliar karena terlilit status tanah yang tidak jelas. Demikian pula perusda lain seperti Sarana Pembangunan (SPJT) dengan unit-unit usahanya yang telah digelontor miliaran rupiah dalam bentuk penyertaan modal. “Kami perlu mengetahui sejauh mana perkembangannya,” ucap anggota Komisi A DPRD Jateng ini.

Menurut Sriyanto, penyertaan modal yang cukup fantastis untuk jalan tol dan Blok Cepu. “Untuk itu, rakyat perlu mengetahui progress report -nya. Seberapa pun uang rakyat harus dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Dibutuhkan evaluasi yang menyeluruh terhadap kinerja Perusda Provinsi Jawa Tengah. Jika ditemukan ada perusda yang tidak memberikan kontribusi PAD harus, masuk daftar catatan untuk digabung atau dilikuidasi. Pelaksana Harian Sekda Pemprov Jateng Djoko Sutrisno mengklaim semua perusda menguntungkan kecuali PT PRPP.

Amin fauzi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9094 seconds (0.1#10.140)