Colt Diesel Seruduk Avanza-Truk, Satu tewas

Jum'at, 19 Juni 2015 - 08:47 WIB
Colt Diesel Seruduk Avanza-Truk, Satu tewas
Colt Diesel Seruduk Avanza-Truk, Satu tewas
A A A
SUBANG - Kecelakaan maut kembali terjadi di Tol Cikopo- Palimanan (Cipali) tepatnya di Kilometer (Km) 94 wilayah Kabupaten Subang.

Peristiwa tab - ra kan beruntun yang meli bat - kan tiga kendaraan roda empat terjadi pada dini hari kemarin sekitar pukul 03.00 WIB. Satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian dan dua orang mende - rita luka berat dan ringan.

Kanit Laka Lantas Polres Su - bang Iptu Omon Abdurohman mengatakan, peristiwa tabra - kan maut melibatkan tiga ken - daraan, masing-masing Truk Mitsubishi Colt Desel AG 8375 UH yang dikemudikan Ahmad Syamowi; Toyota Avanza A 1007 VE yang dikemudikan A Suwandi; dan Truk Fuso Hino AG 9934 B yang dikemudikan Muyatno.

“Akibat kecelakaan berun - tun ini, satu orang meninggal, satu luka berat, dan satu luka ri - ngan. Korban berasal dari ken - daraan Toyota Avanza. Insiden ini masih dalam penyelidikkan. Semua korban sudah dibawa ke RS Thamrin Purwakarta untuk mendapat penanganan medis,” papar Omon saat dihubungi KORAN SINDO kemarin.

Sekadar untuk diketahui, ke - celakaan lalu lintas di jalan tol terpanjang di Indonesia yang membentang dari Cikopo, Ka - bu paten Purwakarta hingga Pa - li manan, Cirebon sepanjang 116,75 kilometer (km) itu, me - rupakan peristiwa ketiga se te lah Tol Cipali diresmikan Pre si den Jokowi pada Sabtu (13/6) lalu. Kecelakaan pertama, me - nim pa sebuah mobil Avanza warna hitam B 1246 UZM pada Minggu 14 Juni lalu. Namun tak ada korban jiwa dalam ke ce la ka - an tunggal itu.

Kecelakaan ke - dua, terjadi pada Senin (15/6) se kitar pukul 22.30 WIB di Km 82+800 wilayah Kecamatan Bungursari, Kabupaten Pur wa - karta. Peristiwa nahas itu meli bat - kan truk boks ekspedisi L 9821 F yang dikendarai Zaenal Abidin dan truk pengangkut pasir B 9953 FYT. Akibat kecelakaan tersebut, satu korban, Ayuhan, 59, kernet truk boks, warga Mo - jo kerto, Jawa Timur, tewas. Se - dang kan sopir truk boks, Zae - nal Abidin terluka parah.

Proyek pembangunan Tol Cipali yang menelan dana Rp12,5 triliun ini, selesai lebih cepat dari target yang dite tap - kan pemerintah. Tol yang me - lin tasi lima kabupaten di Jawa Barat, yakni Kabupaten Pur wa - karta, Subang, Indramayu, Ma - ja lengka, dan Cirebon ini, sudah bisa dioperasikan sebelum bu - lan puasa.

Kementerian Peker - ja an Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR) melalui Keputusan Menteri PU PR telah menetapkan besaran tarif Tol Cipali Rp96.000 untuk go lo - ngan I. Tol Cipali mempunyai dela - pan rest area, tujuh pintu ma - suk, dan tujuh simpang susun. Per sonel, peralatan, dan ken da - ra an layanan operasional jalan tol telah siap.

Kendati telah siap digunakan, tapi beberapa fasi li - tas seperti penerangan belum maksimal. Karena itu, masya ra - kat diimbau untuk berhati-hati saat melaju di jalan tol ini. Selain penerangan, di Tol Ci - pali juga belum banyak tersedia rest area. Saat ini baru tersedia empat rest area, yakni di Km 102 dan Km 166 arah Palimanan, dan tempat istirahat Km 101 dan Km 164 arah Cikopo. Jadi, dalam jarak tol sepanjang 60 km baru ada tempat istirahat. Pa da - hal idealnya, 20-30 km.

Polda Jabar Antisipasi Kepadatan

Polda Jabar memprediksi, pengguna jalan Tol Cipali akan membludak saat arus mudik Le - bar an berlangsung. Untuk me - ng antisipasi kepadatan ken - daraan di Pajagan (Cirebon)- Brebes (Jateng), Polda Jabar ber koordinasi dengan Polda Jateng.

“Kami sedang mencari mo - del dan pengaturan kendaraan yang akan masuk ke Tol Cikopo- Palimanan agar tidak sekaligus ribuan kendaraan tumpah di ujung tol ketika arus mudik nanti,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Moe chgiyarto kepada war ta - wan seusai serah teriman ja bat - an sejumlah pejabat Polda Jabar di Mapolda Jabar, kemarin.

Prediksi membludaknya ken daraan di jalur tol sepanjang 116,75 Km tersebut dika re na - kan ada perintah dari Presiden Jokowi kepada pengu saha/pe - nge lola tol untuk mem ber la ku - kan diskon 30% bagi pengguna tol selama arus mudik. Diskon tersebut akan diberlakukan pada pada H-10 sampai H+5 Le - baran.

“Karenanya kemungkin an mudik lewat jalan tol akan diminati. Sudah dihitung, biaya tol dari Jakarta sampai Pajagan nanti sekitar Rp115.000,” ung - kap Kapolda. Moechgiyarto mengemuka - kan, ada dua perlintasan kereta api yang kerap dilewati rang - kaian KA yang dikhawatirkan berdampak pada stagnannya arus kendaraan.

Untuk itu pi - hak nya sedang mengupayakan pengalihan arus agar kepadatan tidak terjadi di titik tersebut. “Kami sedang upayakan cara bertindak dengan mengalihkan arus. Dari tol keluar Pajagan nanti bisa nyambung ke Tol Pajagan-Pemalang. Itu sedang dikebut dan mungkin nanti kalau dilalui keadaannya masih belum mulus,” tutur Moech gi - yarto.

Saat ini Polda Jabar masih me nunggu evaluasi yang dila - ku kan pengelola Tol Cipali ter - kait animo masyarakat sejak tol tersebut dibuka sepekan lalu. “Menegani arus mudik, tahun ini ada tiga titik yang menjadi perhatian kami. Jalur pantura, Tol Cikopo-Palimanan, dan Nag reg,” ujar dia.

Usep husaeni/ Agie permadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8043 seconds (0.1#10.140)