Dua Pulau di Banten Hilang

Senin, 15 Juni 2015 - 14:00 WIB
Dua Pulau di Banten Hilang
Dua Pulau di Banten Hilang
A A A
SERANG - Dua pulau yang berada di wilayah Provinsi Banten hilang yakni pulau Karang Gundul dan Pulau Waton yang berada di Kabupaten Pandeglang.

Pulau Karang Gandul berada di wilayah Kecamatan Panimbang dan Pulau waton tercatat berada di Kecamatan Sumur, kedua pulau ini hilang diduga karena terkikis oleh air laut lantara tidak adanya perhatian dari pemerintah untuk menjaga dan mengontrol pulau-pulau yang tak berpenghuni.

"Berdasarkan pendataan pertama yang kita lakukan, dua pulau hilang dan kini hanya terlihat ujungnya saja dari permukaan air," kata Kepalan Biro Pemerintahan Provinsi Banten, Siti Maani Nina, kepada wartawan, Senin (15/6/2015)

Nina mengungkapkan bahwa sebelumnya, berdasarkan data yang dimiliki oleh pemprov Pulau Karang Gundul memiliki luas total 85 hektar yang didimonasi karang dengan luas 1,5 hektar.

"Pulau Waton berdasarkan data luasnya kurang lebih 15 hektar, dan kini hilang," jelasnya

Untuk diketahui, berdasarkan data awal di Biro Pemerintahan, jumlah pulau di Banten sebanyak 64 dengan rincian, Kabupaten Pandeglang 34, Kabupaten Serang 17, Kota Cilegon 5, Lebak 7, Kabupaten Tangerang hanya satu pulau.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7029 seconds (0.1#10.140)