Pertahankan Tingkat Partisipasi Tinggi

Kamis, 11 Juni 2015 - 08:37 WIB
Pertahankan Tingkat Partisipasi Tinggi
Pertahankan Tingkat Partisipasi Tinggi
A A A
MARTAPURA - Bupati OKU Timur Herman Deru berharap tingkat partisipasi warganya pada pilkada tahun ini tetap tinggi seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya. Maka, rekor MURI dalam hal tingkat partisipasi dan kecerdasan pemilih bisa dipertahankan.

“Ada catatan sejarah yang tidak terlupakan oleh KPU OKU Timur yang tidak terlupakan, KPU OKU Timur mendapatkan rekor MURI yang hingga kini belum terpecahkan, rekor itu angka kehadiran dan kecer dasan pemilih,” ujar Herman Deru saat launching Pilkada OKU Timur di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur kemarin. Launching Pilkada OKU Timur kemarin dihadiri Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dan Ke tua DKPP Jimly Assid diqie sehingga ini menambah nilai bagi OKU Timur.

Adapun tujuan kegiatan ini, kata Deru, untuk menyosialisasikan pilkada OKU Timur yang tahun ini memiliki logo Ikan Baung. Ketua KPU Husni Kamil Manik menegaskan Pilkada 2015 merupakan yang pertama dan terbesar selama Indonesia merdeka. Dari data statistik yang ada tahun ini Indonesia melakukan pemilihan sembilan gubernur dan wakil gubernur.

Se banyak 208 kabupaten dan kota dari 514 kabupaten dan kota yang ada, salah satunya OKU Timur akan menyelenggarakan pilkada serentak. “OKU Timur merupakan kabupaten pertama launching pilkada dan untuk provinsi yang sudah melakukan launching pilkada baru Kalimantan Selatan (Kalsel).

Apa yang penting kita ingat, pertama kita harus menyampaikan 9 Desember 2015 pemungutan suara,” katanya. Dia juga berharap KPU OKU Timur mampu meningkatkan partisipasi pemilih. Untuk itu, KPU dan Panwaslu harus terus menyosialisasikan pilkada agar masyarakat lebih mengetahui. Pemilu akan menjadi adat istiadat masyarakat dalam memilih pemimpin.

Ketua DKPP Jimly Assid diqie menyebut OKU Timur bisa menjadi contoh seluruh Indonesia mengingat tingkat partisipasi sangat tinggi. Selain itu, di kabupaten ini tidak pernah diketahui ada pelanggaran yang dilakukan KPU dan Panwaslu selaku penyelenggara pilkada. “Di OKU Timur selama ini tidak ada laporan kasus,” ungkap putra Sumsel ini.

Dadang dinata
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3934 seconds (0.1#10.140)