23 Mahasiswa Asing, Ikut Bule Mengajar

Senin, 08 Juni 2015 - 10:22 WIB
23 Mahasiswa Asing, Ikut Bule Mengajar
23 Mahasiswa Asing, Ikut Bule Mengajar
A A A
KULONPROGO - Sebanyak 23 bule asal Thailand dan Swedia mengunjungi Kulonprogo dalam program Bule Mengajar.

Para mahasiswa ini mengajar di SMAN 2 Wates. Mereka juga mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Kulonprogo. Program Bule Mengajar ini, mendatangkan 21 bule asal Thailand yang kuliah di Universitas Mahidol Thailand. Sedangkan 2 lainnya berasa dari Universitas Linkoping, Swedia. Mereka merupakan mahasiswa kedokteran yang mengikuti program pertukaran pelajar (exchange student) di UGM.

Para bule dibagi dua kelas, sebanyak 21 bule Thailand mengajar tentang peta negara, kebudayaan, kesenian, makanan dan lain-lain. Sedang bule Swedia menjelaskan pula peta negara, kebudayaan, kesenian, makanan dan lain-lain. “Ini merupakan program kelima dari Bule Mengajar,” kata Lia Andarina Grasia, Ketua Komunitas Bule Mengajar.

Kegiatan ini, kata dia untuk memberikan kesempatan siswa berbahasa Inggris. Selain itu, memberi wawasan tentang negara lain dan mengenalkan Kabupaten Kulonprogo kepada mereka. Para mahasiswa ini juga berbagi pengetahuan dan pengalaman terutama mengenai budaya mereka kepada siswa. “Ini bisa menjadi ajang bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris,” tuturnya.

Wakil Kepala Sekolah yang membidangi Humas, SMAN 2 Wates Florentina Nurwati mengaku sekolah menyambut baik dari program ini. Sekolah menyediakan ruangan kelas yang didesain khusus untuk presentasi dan mempersiapkan ruang kesenian.

“Ini bagus untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa tentang negara lain,” ujarnya. Siswa kelas XI IPA SMAN 2 Wates, Isnada, mengaku senang dengan adanya program Bule Mengajar.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5771 seconds (0.1#10.140)