Universitas Darul Ulum Gelar Wisuda Meski Telah Dinonaktifkan

Senin, 01 Juni 2015 - 15:12 WIB
Universitas Darul Ulum...
Universitas Darul Ulum Gelar Wisuda Meski Telah Dinonaktifkan
A A A
JOMBANG - Menristek Dikti Mohamad Nasir mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih perguruan tinggi. Sebab, sudah ada sekitar 13 perguruan tinggi di tanah air yang dinyatakan nonaktif tapi tetap beroperasi.

Seperti yang terjadi pada Universitas Darul Ulum Jombang misalnya. Menristek Dikti menyatakan, universitas tersebut bermasalah dan statusnya sudah dinonaktifkan. Tapi minggu siang, kampus itu tetap menggelar wisuda.

Rektor Universitas Darul Ulum Ibrahim seperti tidak peduli dengan cap bermasalah dan status penutupan pihak kementerian.

Bahkan, meski yang diwisuda dianggap mahasiswa gadungan karena tidak pernah kuliah, sehingga didemo oleh para aktivis mahasiswa, tapi tetap saja acara wisuda digelar dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Saat wartawan hendak melihat jalannya wisuda diusir oleh pejabat kampus. Sejumlah wisudawan yang berhasil dikonfirmasi mengenai kegiatan perkuliahannya di kampus itu bahkan tampak bingung dan tidak dapat memberikan penjelasan.

Mengenai hal ini, Menristek Dikti mengingatkan kepada masyarakat bahwa sudah ada 13 perguruan tinggi yang dinyatakan bermasalah dan nonaktif tapi tetap membuka pendaftaran. Satu di antara ke-13 kampus itu kini sudah dipidanakan.

Lebih jauh, pihaknya juga meminta kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara agar memverifikasi ulang ijazah para pejabat di lingkup Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jika terbukti menggunakan ijazah palsu, maka PNS itu diberi sanksi tegas.

Rencananya, hari Rabu 3 Juni 2015 mendatang, pihaknya akan mengumumkan 13 perguruan tinggi yang bermasalah tersebut.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)