Gamelan Siap Jadi Kampung Panca Tertib

Minggu, 31 Mei 2015 - 15:23 WIB
Gamelan Siap Jadi Kampung Panca Tertib
Gamelan Siap Jadi Kampung Panca Tertib
A A A
YOGYAKARTA - Kampung Gamelan, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, siap menjadi laboratorium Kampung Panca Tertib yang digagas Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta.

Di kampung ini sudah terbentuk Forum Kampung Panca Tertib yang beranggotakan ketua RW 04, 05, 06, dan 07, serta tokoh masyarakat. Selain itu, juga terbentuk Pelopor Kampung Panca Tertib dari empat RW. Forum nanti mendapat pendampingan dan pembekalan dari Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta.

“Nanti mereka akan rutin melakukan konsolidasi dan pertemuan guna mengambil kebijakan yang berkaitan dengan Kampung Panca Tertib,” ucap Lurah Panembahan Purnama di selasela sosialisasi Kampung Panca Tertib, kemarin. Gamelan resmi ditunjuk sebagai laboratorium Kampung Panca Tertib.

Ini tertuang dalam nota kesepahaman antara Dinas Ketertiban, LPMK Kelurahan Panembahan, dan Lurah Panembahan. Kepala Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta Nur Widihartana mengatakan, ada tiga kampung yang ditunjuk sebagai laboratorium program Kampung Panca Tertib. Selain Gamelan, dua kampung lain yang ditunjuk adalah Pandeyan dan Kampung Kauman Pakualaman.

Ketiga kampung ini diharapkan jadi pionir dan percontohan bagi kampung lain dalam mewujudkan panca tertib. Panca tertib yang dimaksud adalah tertib daerah milik jalan (damija), tertib bangunan, tertib usaha, tertib lingkungan, dan tertib sosial. Program Kampung Panca Tertib diatur melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) No 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib.

Dintib, kata Nur Widihartana, terus menyosialisasikan perwal tersebut sekaligus mendorong masyarakat membentuk Forum Kampung Panca Tertib. “Kampung itu di didukung Pelopor Ketertiban dan Duta Ketertiban untuk mewujudkan komitmen panca tertib tersebut.

Kampung Panca Tertib sendiri adalah kampung yang mempunyai komitmen mewujudkan Gerakan Kampung Panca Tertib,” ujarnya. Dia menjelaskan, peraturan wali kota bertujuan memberdayakan masyarakat yang dapat mengubah pola sikap dan perilaku untuk selalu hidup teratur melalui sebuah Kampung Panca Tertib. Dengan begitu menumbuhkan rasa tenteram di lingkungan masyarakat.

Sodik
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0980 seconds (0.1#10.140)