CFN dan CFD Asia Afrika Digelar 30 Mei

Sabtu, 23 Mei 2015 - 12:33 WIB
CFN dan CFD Asia Afrika Digelar 30 Mei
CFN dan CFD Asia Afrika Digelar 30 Mei
A A A
BANDUNG - Meski mendapat ba nyak kritikan dari sejumlah pihak, Pemkot Bandung akan kembali melakukan uji coba penyelenggaraan car free night (CFN) dan car free day (CFD) di Jalan Asia Afrika pada 30 Mei mendatang.

“Hasil rapat, disimpulkan (CFN dan CFD Asia Afrika) akan diujicobakan kembali pada 30 Mei nanti,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky EM Gustiadi, saat ditemui di kantornya, Jalan Soekarno Hata, Kota Bandung, kemarin. Menurut dia, keputusan dilan jutkannya CFN dan CFD Asia Afrika setelah Dinas Perhubungan bersama pihak kepolisian dan instansi lainnya melakukan rapat evaluasi uji coba CFN dan CFD Asia Afrika yang sudah dilaksanakan pada 16 Mei lalu.

Berdasarkan hasil rapat evaluasi tersebut diketahui masih banyak perbaikan. Namun dilihat secara keseluruhan dianggap telah berhasil. “Hasil evaluasi, semuanya dianggap berhasil. Kendalaken dala yang ada sudah di antisipasi. Misalnya saja manajemen rekayasa lalu lintas dan kan tung parkir (masih harus diperbaiki),” ungkap Ricky. Dijelaskan dia, untuk reka yasa lalu lintas pada uji coba men datang akan ada sedikit perubahan.

Para pengendara yang melaju dari Jalan Alun-alun Timur tetap dapat melintas ke Jalan Banceu, tapi dari Banceuy para pengendara tidak boleh masuk ke Jalan ABC. “Jadi dari Banceuy lurus,” katanya. Untuk kantung parkir, pihaknya mengaku telah menyiapkan lebih dari lima titik kan tung parkir.

Di antaranya di basement Alun-alun Bandung, King Shoping Center, Braga Pendek, Balonggede, bekas Plaguna, dan Lengkong Kecil. Sementara Jalan Cikapundung Barat yang awalnya dijadikan titik parkir, rencananya akan digunakan untuk para pedagang kaki lima (PKL). Supaya para PKL ini tidak berjualan di tempat-tempat yang menganggu ke nyamanan. “Jalan Dalem Kaum belakang Savoy Homann juga akan ditutup untuk tempat parkir,” ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaannya, tidak akan diubah, yakni dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Saat ini kata Ricky, pihaknya akan terus menyosialisasikan pelaksanaan CFN dan CFD Asia Afrika. “Sebelum tanggal 30 Mei kami juga akan rapat kembali. Personel (Dishub) akan ditambah, kemarin 100 orang nanti jadi 150 orang. Marka, sarana, dan prasarana juga akan dilengkapi.

Kami siap laksanakan lagi (CFN dan CFD Asia Afrika),” pungkasnya. Namun demikian, Polrestabes Bandung mengaku belum me mutuskan apakah pekan depan dilaksanakan CFN atau tidak. Namun, menurut Wakasat Lantas Kompol Santiadjie K, secara umum pelaksanaan CFN dan CFD pekan kemarin berjalan lancar dan normal. “Hasilnya bagus masih normal, karena Kota Bandung sudah biasa jika Jalan Asia Afrika ditutup,” katanya.

Namun demikian, hingga kini program pemerintah Kota Bandung ini masih dilakukan pengkajian oleh pihak Polrestabes Bandung. “Masih dikaji,” katanya. Ketika disinggung kapan program tersebut akan kembali diselenggarakan. Adjie belum mengetahui hal tersebut, pasalnya sejauh ini belum ada informasi terkait penutupan Jalan Asia Afrika.

Namun dia mengatakan jika Sabtu ini CFN tak akan digelar. “Untuk saat ini, pengamanan di Jalan Asia Afrika berjalan seperti biasa, yang ada hanya peningkatan personil ,” katanya. Diputuskannya pelaksanaan CFN dan CFD dua mingguan sebelumnya dikritik anggota DPRD Kota Bandung. Mereka menilai Pemkot Bandung tidak memperhitungkan dampak yang terjadi akibat pelaksanaan CFN dan CFD.

Mochamad solehudin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0151 seconds (0.1#10.140)