Lokon Meletus, Tiga Pendaki Nyaris Terpanggang

Rabu, 20 Mei 2015 - 20:26 WIB
Lokon Meletus, Tiga Pendaki Nyaris Terpanggang
Lokon Meletus, Tiga Pendaki Nyaris Terpanggang
A A A
TOMOHON - Tiga orang pendaki yang memaksa menyusup dari pos pengawasan nyaris tewas terpanggang disebabkan letusan Gunung Lokon, Rabu (20/5/2015). (Baca:Gunung Lokon Meletus)

Beruntung ketiga pendaki yang tidak diketahui identitasnya ini turun dari kawah Tompaluan sekira 30 menit sebelum gunung api tersebut meletus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon, Robby Kalangi menjelaskan informasi yang diterimanya para pendaki tersebut nekad menyusup dari pos pengawasan untuk naik ke kawah Gunung Lokon.

Namun diduga, para pendaki merasa aktivitas gunung meningkat, mereka memutuskan turun kembali.

"Pengakuan mereka hanya selisih sekira 30 menit mereka memutuskan turun dari kawah kemudian letusan terjadi. Terlambat sedikit saja mereka pasti tewas terpanggang," ujarnya.

Gunung Lokon meletus sekira pukul 15.30 Wita. Ketinggian material letusan diperkirakan mencapai sekira 1.500 meter. Arah semburan bertiup ke barat laut.

Petugas di pos pemantau Gunung Lokon, Ferry Rusmawan mengatakan aktivitas vulkanik gunung api ini memang mengalami peningkatan beberapa hari terakhir.

Kenaikan intensitas paling tinggi terjadi Rabu dinihari, saat itu kegempaan mengalami peningkatan dibanding hari-hari sebelumnya.

"Letusan ini adalah yang pertama tahun ini. Walau terjadi letusan, status Gunung Lokon masih tetap siaga level 3 dengan daerah terlarang radius 2,5 kilometer. Kami mengimbau warga tetap waspada potensi letusan susulan," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7214 seconds (0.1#10.140)