Drainase Jadi Tempat Sampah

Senin, 18 Mei 2015 - 11:00 WIB
Drainase Jadi Tempat Sampah
Drainase Jadi Tempat Sampah
A A A
MEDAN - Drainase di Jalan Letda Sujono, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, yang berbatasan dengan Kota Medan menjadi sasaran warga untuk membuang sampah. Tumpukan sampah di pinggir jalan dan drainase tersebut mulai dikeluhkan warga.

Pasalnya, warga sekitar maupun pengguna jalan yang melintas tidak tahan mencium aroma tidak sedap. Selain itu, sampah sering terbawa arus menuju drainase apalagi setiap hujan deras turun. Akibatnya drainase di seputaran Jalan Letda Sujono, baik kawasan Medan maupun Deliserdang, mengalami pendangkalan. Tidak jarang jalan di kawasan tersebut sering banjir.

Pengamatan KORAN SINDO MEDAN , Jumat (15/5), sampah terlihat menggunung di pinggir Jalan Letda Sujono, Deliserdang hingga ke drainase depan ruko yang tidak ditempati. Aliran drainase sulit mengalir dan sebagian sampah terbawa arus drainase. Meskipun begitu, tidak ada tindakan tegas yang dilakukan pemerintah setempat untuk melarang warga membuang sampah di pinggir jalan maupun di drainase.

“Sudah hampir lima bulan di sini tempat ini (Jalan Letda Sujono) jadi tempat pembuangan sampah. Begitulah, kadang diangkut truk sampah dan kadang dibiarkan,” kata salah satu warga yang biasa memulung sampah di tumpukan sampah Jalan Letda Sujono itu kepada KORAN SINDO MEDAN , Jumat (15/5).

Warga lainnya, Nur, 35, mengatakan, tumpukan sampah tersebut dikeluhkan warga namun warga bingung hendak melapor ke mana. Pasalnya, sebagian orang mengatakan ini bahwa kawasan ini merupakan sampah warga Medan yang dibuang ke kawasan Letda Sujono, Kabupaten Deliserdang.

“Walaupun ini tengahtengah Kota Medan, tapi kawasannya termasuk Deliserdang. Tapi permasalahan adalah bagaimana pemerintah terkait menindaklanjuti keluhan warga agar tidak menjadikan kawasan tersebut tempat pembuangan sampah karena bau tidak sedap. dan juga warga yang melintas sangat ramai.” katanya.

Selanjutnya kepada warga yang membuang sampah di kawasan itu diminta menghentikan aktivitasnya. Tindakan warga yang membuang sampah sembarangan itu tentu merugikan berbagai pihak khususnya warga sekitar. Camat Medan Tembung, M Indra Mulia Nasution, mengatakan, akibat tumpukan sampah di Jalan Letda Sujono, Deliserdang, sering berimbas kepada drainase di Jalan Letda Sujono, Medan Tembung.

“Itu kawasan (tempat tumpukan sampah) Deliserdang. Kita sudah sering menyampaikan keluhan tersebut kepada kecamatan (Percut Sei Tuan) tapi tidak ada tindak lanjutnya,” katanya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5213 seconds (0.1#10.140)