Evakuasi Mahasiswa Jatuh ke Kawah Merapi, Tim Eksekutor Diberangkatkan

Senin, 18 Mei 2015 - 09:00 WIB
Evakuasi Mahasiswa Jatuh...
Evakuasi Mahasiswa Jatuh ke Kawah Merapi, Tim Eksekutor Diberangkatkan
A A A
BOYOLALI - Tim eksekutor diberangkat untuk mengevakuasi Erri Yunanto (22), mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Mereka akan bertugas mengangkat tubuh korban yang posisi terakhirnya terdekteksi di kedalaman sekitar 150 meter.

Komandan SAR Boyolali Kurniawan Dwi Prasetyo mengatakan, tim evakuasi kedua diberangkatkan untuk membantu tugas tim pertama yang telah sampai di puncak.

Mereka nantinya sebagai eksekutor yang bertugas mengevakuasi korban dari kawah. Enam orang akan turun ke kawah dan enam lainnya bertugas di bibir.

"Kawasan kawah maksimal hanya bisa dipijak 12 orang. Lebih dari itu sudah membahayakan karena kondisinya sangat labil," ungkap Kurniawan, Senin 18 Mei 2015.

Pola evakuasi menggunakan pola vertikal resque. Selain memakai tali tambang, anggota tim eksekutor nantinya memakai tehnik rambatan dengan tangan saling bergandengan.

Peralatan yang dipakai diantaranya oksigen, baju, dan sepatu tahan api karena kondisi kawah yang panas dan mengeluarkan gas beracun. Perlengkapan harus lengkap dan tehnik evakuasi harus benar dan sesuai dengan medan yang ada.

Keselamatan tim evakuasi diutamakan agar jangan sampai mereka menjadi korban. Setelah tim eksekutor berhasil menggapai posisi korban, pengangkatan korban dari kawah satu satunya jalan hanya menggunakan tali.

Sehingga tali yang dipersiapkan panjangnya mencapai 350 meter. Total ada 25 orang yang bertugas sebagai tim evakuasi. Mereka memiliki tugas saling mendukung agar evakuasi berjalan sukses. Selama di puncak, tim evakuasi juga mendirikan camp bergerak.

Sebelumnya, keberadaan mahasiswa yang beralamatkan di Kampung Biru, Kelurahan Trihanggo, Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta tersebut diketahui pada Minggu 17 Mei 2015 sekitar pukul 15.00 WIB.

Erri Yunanto, mahasiswa Universitas Atmajaya Yoyakarta terjatuh ke kawah Merapi usai berfoto Sabtu 15 Mei 2015 sekitar pukul 11.00 WIB.

Korban bersama lima orang rekannya naik dari jalur pendakian New Selo di Kecamatan Selo, Boyolali Jumat (15/5) malam.

Setelah mendaftarkan diri di base camp pos Barameru, sekitar pukul 23.00 WIB mereka mulai melakukan pendakian.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2311 seconds (0.1#10.140)