Tak Hanya Asal Jepret, Harus Gunakan Insting dan Kreativitas

Kamis, 14 Mei 2015 - 07:51 WIB
Tak Hanya Asal Jepret,...
Tak Hanya Asal Jepret, Harus Gunakan Insting dan Kreativitas
A A A
Kecanggihan teknologi saat ini memang sangat membantu manusia. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, teknologi yang canggih itu tidak dapat menghasilkan apaapa jika tidak didukung dengan bakat serta kemampuan dari pribadi masing-masing pengguna alat teknologi itu.

Bagi pencinta dunia fotografi, banyaknya kamera canggih saat ini menjadikan memotret sebuah objek sangatlah mudah. Namun, diakui atau tidak, sebera pun kecanggihan alat yang digunakan itu tidak akan menghasilkan sesuatu yang bernilai jika tidak diimbangi dengan pengetahuan mengenai dunia fotografi. Berangkat dari hal itulah, Bambang RSD, salah satu fotografer senior di Kota Semarang, mendirikan komunitas fotografi yang bernama Bambang RSD Community.

Sejak 2010 lalu komunitas yang saat ini beranggotakan 200 orang itu menjadi kawah candradimuka fotografer di Kota Semarang. “Awalnya hanya untuk memfasilitasi anak didik saya yang sekolah foto dengan saya. Namun karena antusiasme pencinta fotografi di Kota Semarang semakin bagus, akhirnya semua orang bebas untuk bergabung dengan komunitas ini,” papar Bambang RSD, Pembina Bambang RSD Community, kepada KORAN SINDO kemarin.

Untuk memberikan pelajaran dunia foto kepada anak didik serta teman komunitasnya, Bambang RSD sering mengajak anggotanya melakukan pemburuan (hunting) foto setiap pekan. Tak hanya itu, hasil dari hunting foto juga sering dipamerkan dalam beberapa event besar di Kota Semarang. “Selain untuk wadah temanteman berekspresi, juga untuk mengenalkan dunia fotografi kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Disinggung mengenai anggapan bahwa dunia fotografi yang sering dianggap mewah dan terkesan penuh dengan hurahura, Bambang menampiknya. Pandangan masyarakat tersebut sangat subjektif dan tidak dapat disematkan kepada semua fotografer. Salah satu anggota Bambang RSD Community, Wicaksono, 26, bangga dapat menjadi bagian dari komunitas tersebut. Menurutnya, Bambang RSD merupakan salah satu fotografer yang disegani dan sudah diakui kehebatannya.

“Pasti bangga, saya dapat banyak ilmu dan pengalaman mengenai bagaimana cara memotret dengan baik dari mas Bambang RSD. Beliau selalu memberikan pengajaran tentang ilmu fotografi yang tidak saya peroleh dari orang lain,” ujarnya.

Andika Prabowo
Kota Semarang
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)