Perawatan Lampu PJU Tak Maksimal

Selasa, 12 Mei 2015 - 12:14 WIB
Perawatan Lampu PJU Tak Maksimal
Perawatan Lampu PJU Tak Maksimal
A A A
MEDAN - Keindahan estetika Kota Medan mulai suram. Pasalnya, lampu hias yang berada di sejumlah jalan protokol Kota Medan sudah tidak memancarkan keindahannya alias padam.

Begitu juga lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan protokol maupun masuk jalan kecil, banyak yang padam. Pengamatan KORAN SINDO MEDAN beberapa hari ini, sejumlah lampu hias beraneka warna dan bentuk tidak tampak lagi cahayanya. Seperti di Jalan Sisingamangaraja, Kapten Maulana Lubis, Juanda, Jalan Jamin Ginting Medan, maupun di sejumlah tamantaman pinggir jalan.

Ironisnya lagi ada sejumlah PJU di Jalan Sisingamangaraja, Brigjen Katamso, Setia Budi, Yos Sudarso Medan yang padam sehingga kawasan tersebut terlihat gelap. Tidak hidupnya lampu tersebut disebabkan kurangnya perawatan dinas terkait. “Sudah sejak beberapa bulan terakhir ini jalanjalan protokol di Medan lampu hias padam.

Sebagai warga, kita melihat tidak seindah dulu. Kalau lampu hias nyala, ketika keluar bawa anak-anak mereka senang,” kata Nabila 36, warga Jalan HM Yamin Medan ketika melintas di Jalan Kapten Maulana Lubis kepada KORAN SINDO MEDAN , Minggu (10/5). Menurutnya, keberadaan lampu hias masih dinilai penting sebagai pemandangan pada malam hari.

Untuk itu, ibu dua anak ini mengharapkan instansi terkait segera memperbaiki lampu hias tersebut. Dengan matinya lampu hias tersebut, tentu memberikan kesan kalau ibu kota provinsi Sumatera Utara (Sumut) suram dan gelap. “Ini salah satu kota terbesar di Indonesia, kan lucu kalau kondisinya gelap. Kalau kota terlihat indah pada malam hari, tentu menambah wisatawan yang datang,” katanya.

Lebih lanjut, Nabilla menilai perawatan lampu hias sangat sulit tanpa adanya partisipasi masyarakat. Selain itu, LPU juga masihseringpadamdandikeluhkan warga. “Warga juga harus turut berpartisipasi dalam memfasilitasi lampu jalan,” katanya. Hal senada disampaikan warga Medan Denai ketika melintas di Jalan Juanda Medan, Aprijal Harahap, 34.

Menurutnya, sudah seharusnya Kota Medan selaku Kota Metropolitan memberikan pelayanan yang membuat warga merasa nyaman. Lampu hias seharusnya bisa menambah nilai artistik penataan Kota Medan. “Lampu hias bukan hanya penerangan saja tapi juga sebagai salah satu cara untuk memperindah kota,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan, Zulkifli Sitepu, membantah kurangnya perawatan terhadap lampu hias dan LPJU yang ada di pinggir jalan. Selanjutnya, jika ada yang rusak bisa segera melapor kepada Dinas Pertamanan Kota Medan untuk segera diperbaiki. “Lapor saja di mana yang sudah padam. Kami akan segera periksa dan perbaiki,” ujarnya, Senin (11/5).

Irwan siregar
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7009 seconds (0.1#10.140)