Bekas Diktator Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal Dunia

loading...
Bekas Diktator Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal Dunia
Mantan diktator Zimbabwe, Robert Mugabe, meninggal dunia pada usia 95 tahun. Foto/Istimewa
ZIMBABWE - Robert Mugabe, mantan diktator Zimbabwe, meninggal dunia pada usia 95 tahun. Informasi mengenai meninggalnya Mugabe disampaikan oleh Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa.

"Dengan sangat sedih saya mengumumkan kematian ayah pendiri dan mantan Presiden Zimbabwe, Cde Robert Mugabe," kata Mnangagwa dalam sebuah postingan di Twitter.

"Kontribusinya bagi sejarah bangsa dan benua kita tidak akan pernah dilupakan. Semoga jiwanya beristirahat dalam kedamaian abadi," tambahnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (6/9/2019).

Mugabe dipaksa turun dari kursi kekuasaan oleh militer pada November 2017 menyusul aksi protes nasional.

Mantan tahanan politik itu berubah menjadi pemimpin gerilyawan yang berkuasa di pemilu 1980 setelah meningkatnya pemberontakan dan sanksi ekonomi yang memaksa pemerintah kolonial minoritas kulit putih ke meja perundingan.

Dilahirkan pada 21 Februari 1924, dari keluarga Katolik di Misi Kutama barat laut Harare, Mugabe digambarkan sebagai anak yang penyendiri dan rajin belajar. Ia dikenal kerap membawa buku bahkan ketika merawat ternak.



Setelah ayahnya yang tukang kayu meninggalkan keluarga ketika dia berusia 10 tahun, Mugabe muda berkonsentrasi pada studinya. Ia kemudian memenuhi syarat sebagai guru sekolah pada usia 17 tahun.

Sebagai seorang intelektual yang awalnya menganut Marxisme, ia mendaftarkan diri di Universitas Fort Hare di Afrika Selatan. Di sini ia bertemu banyak pemimpin nasionalis kulit hitam masa depan Afrika Selatan.

Setelah mengajar di Ghana, di mana ia dipengaruhi oleh presiden pendiri negara itu Kwame Nkrumah, Mugabe kembali ke tempat yang sebelumnya bernama Rhodesia. Ia sempata ditahan Rhodesia karena kegiatan nasionalisnya pada tahun 1964 dan menghabiskan 10 tahun berikutnya di kamp penjara atau penjara.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top