Serunya Makan Bersama di Atas Daun Pisang Ratusan Meter

Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:15 WIB
Serunya Makan Bersama di Atas Daun Pisang Ratusan Meter
Warga berkumpul makan bersama menggunakan alas daun pisang. FOTO/iNews.TV/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Warga kampung RT 3 RW 1 kelurahan Pekuncen Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah punya cara unik merayakan momen kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 kali ini. Ratusan warga berkumpul untuk makan bersama di gang sepanjang sekitar 100 meter.

Warga duduk bersama di depan gang rumah dan saling berhadapan, kemudian, mereka menyiapkan alas karpet panjang. Di atasnya terhampar daun pisang yang digunakan untuk alas makanan.

Makanan disiapkan secara bersama oleh ibu- ibu dan para bapak menyiapkan perlengkapan. Kebersamaan dan kekompakan warga sangat terlihat sepanjang acara. Sebelum makan, dilakukan doa bersama tahlil dan doa untuk keselamatan bangsa dan negara juga agar warga sehat serta semakin sejahtera.

Nasi di letakan di atas daun pisang yang memanjang, makanan yang disediakan adalah menu tradisional. Seperti urap, tempe, tahu, telur dan tak lupa ada nasi uduk serta ingkung ayam.

“Kegiatan makan massal sepanjang ratusan meter ini dilakukan untuk tasyakauran peringatan HUT Kemerdekaan ke 74. Kurang lebih 200 orang terlibat dalam acara seru tersebut,” jelas ketua RT, Saifudin.

Setelah didoakan, warga makanan bersama dan saling berhadapan sehingga bisa saling silaturahmi dan menambah keakraban.

Warga mengaku sangat senang dan berharap acara seperti ini bisa terus dilestarikan. “Momentum memakan nasi secara bersama ini dapat semakin menumbuhkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga,” ujar Hartati, warga.

Doa dan makan bersama seperti ini diharapkan bisa meningkatkan rasa syukur akan nikmat kemerdekaan yang sudah dirasakan selama ini. Sehingga pada akhirnya rasa nasionalisme warga semakin meningkat.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2329 seconds (0.1#10.140)