Terkejutnya Emak-Emak dan Tukang Becak Disuruh Ganjar Pakai Masker

Rabu, 08 April 2020 - 13:00 WIB
Terkejutnya Emak-Emak dan Tukang Becak Disuruh Ganjar Pakai Masker
Gubernur Ganjar Pranowo melakukan sosialisasi pemakaian masker sambil gowes, Rabu (8/4/2020). FOTO/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari penyebaran virus baru jenis baru, Covid-19 dengan menggunakan masker ternyata masih rendah. Sadar dengan hal itu, Gubernur Jawa Tengah terus menggiatkan sosialisasi tentang kewajiban menggunakan masker saat keluar rumah.

Tak hanya di medsos, Ganjar melakukan sosialisasi pentingnya memakai masker dalam kegiatan sehari-hari. Seperti saat gowes keliling Semarang, Rabu (8/4/2020) pagi, Ganjar getol mengedukasi warga tentang hal itu.

Tak hanya menyuruh, dia juga membawa stok masker di sepedanya untuk dibagikan kepada warga. Emak-emak yang sedang belanja dan tukang becak menjadi sasarannya.

"Nek metu ngomah nganggo masker (kalau keluar rumah pakai masker), ben nek ngomong ora muncrat (biar kalau bicara tidak muncrat). Bu, nganggo masker kui sing dodol (itu yang jualan pakai masker)," ucap Ganjar.

Emak-emak yang asyik berbelanja terkejut dengan imbauan itu. Sadar bahwa yang sedang bicara adalah Gubernur, mereka kemudian mendekat dan menyampaikan keluhan mereka terkait masker. "Masker larang pak, angel digoleki (maskernya mahal pak, sulit dicari)," kata salah satu warga.

Ganjar kemudian membagi-bagikan masker kain yang dibawanya. Sambil mengedukasi, bahwa masker tidak harus diperoleh dengan cara membeli.

"Nggawe dhewe iso (buat sendiri bisa), nganggo kain sarung, daster opo sprei (pakai sarung, daster atau sprei). Sing penting tengahe dikei tisu (yang penting tengahnya diberi tisu)," ucapnya.

Salah satu warga Peterongan, Sarwi (45) mengatakan, selama ini dirinya memang tidak biasa keluar rumah menggunakan masker. Selain belum punya, ia juga masih belum sadar akan pentingnya menjaga diri.

"Belum punya, karena belinya susah. Ini tadi diedukasi Pak Ganjar dan dikasih masker. Terima kasih pak, nanti maskernya saya pakai terus," katanya.

Sejumlah tukang becak yang sedang mangkal menunggu penumpang juga terkejut dengan kedatangan Ganjar. Mereka yang tidak memakai masker, langsung memakai masker yang dibagikan Ganjar dan tim sepedaannya.

"Ini langsung saya pakai. Bagus ya, pemerintah hadir untuk melindungi masyarakat kecil seperti kami biar tidak terkena virus. Semoga semuaya sehat dan kondisinya cepat membaik," kata Sarto (56), tukang becak di kawasan Kampung Kali Semarang.

Ganjar sendiri mengatakan, kesadaran masyarakat untuk memakai masker saat keluar rumah di tengah merebaknya wabah covid-19 memang harus terus digenjot. Ia menargetkan, 35 juta warga Jateng tertib memakai masker saat bepergian.

"Sosialisasi akan terus kami lakukan dengan menggandeng seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya. Ini penting untuk menahan diri dari bahaya covid-19," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1974 seconds (0.1#10.140)