Lupa Matikan Kompor, Rumah Nenek Sunarti Nyaris Habis Dilalap Api

Selasa, 26 Februari 2019 - 11:33 WIB
Lupa Matikan Kompor, Rumah Nenek Sunarti Nyaris Habis Dilalap Api
Warga membantu petugas bergotong-royong berusaha memadamkan api yang melalap rumah milik warga Baleharjo, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (26/2/2019) dini hari. FOTO/IST
A A A
GUNUNGKIDUL - Rumah warga di Dusun Purwosari, Desa Baleharjo, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul nyaris habis dilalap api, Selasa (26/2/2019) dini hari tadi. Api diduga berasal dari kompor yang lupa tidak dimatikan.

Rumah milik Sunarti (73) tersebut terbakar di bagian dapur dan nyaris merembet ke bagian rumah induk. Beruntung warga setempat berusaha keras melakukan pemadaman dan dilanjutkan dengan mobil pemadam kebakaran yang bergerak cepat tiba di lokasi.

Yusuf, salah satu warga Dusun Purwosari mengatakan, dirinya mendengar suara warga yang ramai dan gaduh. Begitu keluar rumah ternyata ada rumah yang terbakar. (Baca Juga: Rumah Terbakar, Warga Suruh Semarang Tanggung Kerugian Rp200 Juta)

"Warga ke sana dan ternyata itu dari dapur milik Mbah Sunarti terbakar. Kami kemudian lapor BPBD untuk mengirimkan mobil pemadam kebakaran," katanya kepada wartawan, Selasa (26/2/2019).

Dituturkan, saat awal kebakaran, upaya melakukan pemadaman dilakukan dengan alat seadanya. Beruntung pemilik rumah langsung keluar rumah sehingga tidak ada korban dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 01.00 WIB tersebut.

"Api membumbung tinggi sehingga banyak warga panik karena takut merembet ke rumah warga yang berdekatan," ucapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, pihaknya langsung mengirimkan mobil pemadam kebakaran." Api berhasil dipadamkan dan tidak merembet, "katanya.

Dari keterangan korban lanjutnya, diketahui sebelumnya memang tungku digunakan memasak air. Namun api belum padam semuanya.
Karena hembusan angin, api kembali membesar dan merembet ke tumpukan kayu." Nah api terus membesar, sehingga warga menjadi panik, " bebernya.

Saat ini pemilik rumah masih trauma dengan kejadian tersebut. Sedangkan kerugian akibat kebakaran masih dilakukan penghitungan. (Baca Juga: Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Tekstil Ranotex di Karanganyar Terbakar)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9194 seconds (0.1#10.140)