Sambut Raja dan Ratu Belanda, Sri Sultan Kenakan Pakaian Jawa

Rabu, 11 Maret 2020 - 11:56 WIB
Sambut Raja dan Ratu Belanda, Sri Sultan Kenakan Pakaian Jawa
Regol tengah menuju Gedong Jene yang akan digunakan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X menyambut kedatangan Raja Belanda Willem Alexander beserta Istri Ratu Maxima, Rabu (11/3/2020). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
YOGYAKARTA - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti akan disambut Raja Keraton Yogyakarta di Gedong Jene Kompleks Kraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020). Dalam penyambutan ini Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X bersama GKR Hemas bakal menggunakan busana adat Jawa.

Salah satu busana yang jarang digunakan Sri Sultan HB X karena harus melalui pranata adat yang tidas mudah. Namun untuk menyambut Raja Willem bersama istri ini, Ngarso Dalem bakal menggunakannya. (Baca Juga: Kunjungi Yogya, Ini Tempat yang Akan Disinggahi Raja dan Ratu Belanda)

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, kedatangan RAJA Belanda bakal disambut Putri Sulung Sri Sultan HB X, GKR Mangkubumi di regol depan. Kemudian Sri Sultan bakal menunggu di regol tengah dan sebelumnya bakal melewati prajurit keraton yang bersiap di lapangan antara regol depan dan regol tengah.

"Raja Belanda akan bertemu dengan Ngarso Dalem di Gedong Jene," katanya kepada SINDOnews, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskan, Gedong Jene merupakan ruangan yang berada di dalam Keraton Yogyakarta. Bangunan ini biasa digunakan untuk menerima tamu kehormatan. Setelah bertemu dengan Raja Keraton Yogyakarta di Gedong Jene, Raja Belanda bersama istri juga akan melihat koleksi pusaka milik Keraton Yogyakarta di Tratag Proboyekso. Dalam lawatan kali ini juga rombongan akan melihat koleksi busana Keraton Abalakuswa.

Raja Willem Alexander beserta istri juga akan menikmati santap makan siang bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Manis.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5850 seconds (0.1#10.140)