Tak Semua Orang Wajib Pakai Masker untuk Hindari Corona

Rabu, 04 Maret 2020 - 08:35 WIB
Tak Semua Orang Wajib Pakai Masker untuk Hindari Corona
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, tak semua orang wajib mengenakan masker sebagai langkah pencegahan virus corona. FOTO/REUTERS/Aly Song
A A A
SEMARANG - Masker banyak diburu masyarakat karena dianggap sebagai cara paling mudah untuk menangkal penyebaran virus corona. Tak heran, stok masker di pasaran makin menipis karena banyak diborong untuk persediaan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, masih terdapat cara mudah dan efektif untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Pola hidup sehat dan rajin cuci tangan tak kalah ampuh untuk menghindari penularan Covid-19.

Dia pun menegaskan, tak semua orang wajib mengenakan masker sebagai langkah pencegahan virus corona. Terlebih di daerah yang relatif aman dari penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut. (Baca Juga: RSUP Kariadi Sebut Ada Kemungkinan Ledakan Pasien Corona)

"Kami sampaikan bahwa yang wajib menggunakan masker adalah mereka yang sakit, para tenaga kesehatan yang berhubungan dengan pasien atau mereka yang tinggal di daerah rentan," kata Yulianto, Selasa (3/3/2020).

Masyarakat diimbau tak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang berseliweran dan berpotensi meresahkan. Selain itu, juga tak perlu membeli masker dalam jumlah besar-besaran, karena stoknya dipastikan aman.

"Jadi, tidak semuanya harus menggunakan masker. Produksi masker memang terbatas, namun untuk Jawa Tengah stoknya aman asalkan digunakan sesuai kebutuhan," katanya. (Baca Juga: RSUP Sardjito Rawat Pasien Kategori Pengawasan Covid-19)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9452 seconds (0.1#10.140)