314 Mahasiswa Turun di Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden 2020

Jum'at, 07 Februari 2020 - 21:11 WIB
314 Mahasiswa Turun di Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden 2020
Wakil Rektor UPN Veteran Yogyakarta Suharsono (dua dari kiri) memberikan keterangan terkait Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden 2020, Jumat (7/2/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Antarmahasiswa memperebutkan Piala Presiden 2020 pada, Senin-Jumat (10-14/2/2020) pekan depan. Sebanyak 341 mahasiswa dari 49 perguruan tinggi (15 PTN dan 34 PTS) tercatat akan mengikuti kegiatan ini.

Kejurnas Pencak Silat Antarmahasiswa rencananya dibuka oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam pada Senin (10/2/2020).

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Suharsono mengatakan, Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap dua tahun sekali sejak 1995. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10.

"Tahun ini megambil tema Menumbuhkan Rasa Nasionalisme serta Melestarikan Ragam Budaya Bangsa Melalui Pencak Silat," kata Suharsono, Jumat (7/2/2020).

Suharsono menjelaskan, pada awalnya kejuaraan ini diselenggarakan karena minimnya pertandingan yang mengakomodasi seluruh perguruan Pencak Silat di lingkungan perguruan tinggi di wilayah DIY
dan Jawa Tengah. Kemudian kejuaraan meningkat ke level Jawa-Bali dan pada 2002 menjadi tingkat nasional.

"Kejurnas Pencak Silat Antarmahasiswa ini akan mempertandingkan kategori tanding dan seni, baik tunggal, ganda, dan beregu, putra putri," katanya.

Kategori tanding putra ada 10 kelas di pertandingan mulai dari kelas A-I, sedangkan tanding putri ada 6 kelas mulai dari A-F. Untuk kategori seni tunggal, ganda, regu menggunakan senjata berupa toya dan golok.

"Juara umum tahun lalu adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tahun ini dengan menerjunkan 13 pesilat, UPN menargetkan menjadi juara umum dan memboyong Piala Presiden," katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UPN Veteran Yogyakarta, Singgih Saptono mengatakan, pencak silat merupakan wujud dari bela negara. Sebab mempunyai kekuatan dalam membangkitkan budaya dan jiwa
sportivitas nasional menuju dunia. Untuk itu, Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden akan diusulkan menjadi even nasional antarperguruan tinggi se-Indonesia di bawah Kemendikbud. Saat ini Kejurnas ini masih di bawah UPN. "Itu lah harapan kami," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9964 seconds (0.1#10.140)