Sertijab Gubernur Jabar Akan Dikemas Istimewa dan Lebih Sakral

Senin, 20 Agustus 2018 - 16:36 WIB
Sertijab Gubernur Jabar Akan Dikemas Istimewa dan Lebih Sakral
Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Diam-diam, Pemprov Jawa Barat tengah menyiapkan sebuah acara istimewa untuk menyambut kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

Diketahui, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar definitif oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada 17 September 2018. Pascadilantik, akan digelar serah terima jabatan (sertijab) dan penyerahan memori jabatan dari Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Mochamad Iriawan kepada Ridwan Kamil sebagai gubernur Jabar definitif.

"Sementara (berdasarkan) surat Kemendagri (pelantikan) belum ada perubahan," ungkap Ridwan Kamil seusai rapat pimpinan (rapim) bersama Pj Gubernur Jabar dan OPD Pemprov Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (20/8/2018).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, nantinya, sertijab gubernur dan wakil gubernur Jabar akan dikemas istimewa yang kini tengah dipersiapkan Pemprov Jabar.

"Tadi Pak Iwan (Mochamad Iriawan) dengan baik hati menyampaikan ada tradisi baru. Jadi serah terimanya tidak hanya sasalaman saja, ada prosesi adat," ungkap Emil.

Meski tak bisa menjelaskan secara rinci acara untuk menyambut kehadiran dirinya dan Uu Ruzhanul Ulum di lingkungan Pemprov Jabar itu, Emil menyebut acara itu dibuat agar sertijab lebih terasa sakral. "Supaya rada sakral," ujar Emil.

Emil menambahkan, ke depan, pihaknya pun akan mewujudkan gagasan Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan terkait pemberian apresiasi kepada aparatur sipil negara (ASN) yang meninggal dalam tugas. "Jadi tidak hanya dimakamkan begitu saja, ada penghargaan lebih seperti TNI/Polri), tapi Pak Iwan lebih tahu caranya," kata Emil.

Disinggung acara istimewa tersebut, Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan enggan menjelaskannya. Menurut dia, acara tersebut masih dirahasiakan. "Nanti, rahasia, kejutan," kata Iriawan sambil tersenyum.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.9060 seconds (0.1#10.140)