Bupati Aa Umbara Bakal Pilih Figur Loyal untuk Jabat Sekda

Rabu, 26 September 2018 - 18:29 WIB
Bupati Aa Umbara Bakal Pilih Figur Loyal untuk Jabat Sekda
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna (kanan). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Isu siapa yang akan menduduki jabatan kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus menghangat. Setelah tiga nama yang lolos dengan nilai tertinggi diserahkan ke Bupati KBB Aa Umbara Sutisna, maka tinggal hak prerogatif bupati sebagai user untuk memilih siapa yang pantas menduduki jabatan prestisius tersebut.

"Saya akan lihat dan putuskan hari Senin nanti dari tiga nama yang sudah disodorkan," kata Umbara saat dimintai tanggapan soal pengisian jabatan Sekda ini, Rabu (26/9/2018).

Dia menilai, keputusan itu harus diambilnya karena Sekda adalah unsur terpenting dalam pemerintahan yang akan membantu kerjanya ke depan. Tiga nama yang diusulkan semua adalah yang terbaik.

Yakni Asisten Daerah (Asda) III Pemda KBB, Agustina Piryanti, Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Asep Sodikin, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A), Asep Wahyu FS.

Tapi harus ada yang dipilih salah satu, karena tidak mungkin ketiganya menjadi Sekda. Yang jelas dirinya menerapkan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh pejabat yang nanti akan menduduki jabatan Sekda KBB.

Sebab seorang Sekda harus bisa memahami apa yang diinginkan pimpinannya untuk diimplementasikan dan diteruskan kepada anak buahnya (SKPD) dalam bentuk program kerja.

"Jelas ada kriteria-kriteria. Seperti orangnya harus memahami substansi, memiliki loyalitas kepada pimpinan, dan mesti kerja sesuai dengan jargon saya yakni bisa lumpat 'lari'," sebutnya.

Untuk itu, dirinya akan coba berkomunikasi dan meminta masukan dari pejabat-pejabat senior di eksekutif untuk bisa mendapatkan pilihan terbaik. Nantinya ketika sudah diputuskan, maka semua pihak harus mendukung walaupun ada yang memandang pejabat tersebut kurang baik.

Bagaimanapun sebagai pemerintah, semua harus bekerja sama dan saling dukung bukan saling menjatuhkan. "Doakan saya memilih yang terbaik, sehingga KBB lumpat seperti jargon yang didengung-dengungkan bisa terwujud dengan cepat," pungkasnya.

Seperti diketahui saat ini proses panjang open bidding pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda KBB memasuki babak puncak. Pansel yang diketuai oleh Muhammad Solihin dalam surat pengumuman Nomor 07/PANSEL/2018 telah menetapkan tiga peserta dengan nilai terbaik. Nama-nama tersebut kini telah disampaikan ke Bupati KBB Aa Umbara Sutisna, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kemendagri dan Gubernur Jabar.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5015 seconds (0.1#10.140)