PSBB Bandung Barat Dinilai Gagal, Bupati Diminta Evaluasi Ketua Harian Gugus Tugas

Rabu, 06 Mei 2020 - 19:36 WIB
loading...
PSBB Bandung Barat Dinilai Gagal, Bupati Diminta Evaluasi Ketua Harian Gugus Tugas
Ketua Satgas Peta COVID-19 KNPI Bandung Barat Lili Supriatna. Foto: SINDOnews/Adi Haryanto B
A A A
BANDUNG BARAT - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial pada 22 April-6 Mei 2020 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) gagal menekan penyebaran COVID-19. Terbukti jumlah warga yang positif terinfeki virus Corona tersebut masih bertambah.

Hingga Selasa (5/5/2020) tercatat sebanyak 39 orang positif Corona dan trennya masih naik bila dikalkulasikan dengan hasil rapid test selama PSBB.

"Tren yang terus naik menandakan PSBB di KBB gagal total. Ini dikarenakan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 tidak mampu mengintegrasikan program dari setiap dinas dalam penanganan masalah ini," kata Ketua Satgas Pemuda Tanggap Bencana (Peta) DPD KNPI KBB, Lili Supriatna di Padalarang, Rabu (6/5/2020).

(Baca: Bupati Bandung Barat Heran, PSBB Diterapkan Kasus Corona Malah Naik)

Dia mengatakan penanganan COVID-19 di Bandung Barat seperti berjalan tanpa koordinasi. Padahal ada jalur kewenangan komando yang dimiliki ketua harian gugus tugas dan itu tidak dimaksimalkan. Pun, alokasi anggaran penanganan yang mencapai Rp224,4 miliar seperti tidak terlihat.

Padahal, anggaran itu digadang-gadang untuk jaring pengaman sosial ekonomi, seperti bantuan sembako maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp121 miliar, untuk pascabencana Rp6,4 miliar, dan dana untuk sektor kesehatan Rp97 miliar.

Lili membandingkan aktivitas gugus tugas di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, hingga di provinsi yang terlihat dari ke hari. Masyarakat yang ingin mengetahui data perkembangan kasus Corona pun tersedia dan selalu update.

Namun di Bandung Barat yang anggarannya terbesar kedua setelah Kota Bandung, masyarakat sulit memperoleh data akurat karena pekerjaan dinas tidak terkonsentrasi di gugus tugas.

"Ironisnya, media center yang menampilkan perkembangan data soal COVID-19 terbaru juga tidak ada. Yang sulitkan temen-temen media juga, masa ketika mau data harus selalu telepon kadinkes?" sindirnya.

(Baca: Rapid Test 2.220 Orang, 84 Warga Bandung Barat Terindikasi Positif Corona)

Karena itu, Lili meminta bupati selaku ketua gugus tugas untuk mengevaluasi kinerja ketua harian. Dia menilai ketua harian gugus tugas seperti membayangi kebijakan ketua gugus sehingga pelaksana di lapangan kebingungan.

"Selaku ketua gugus tugas bupati punya hak prerogratif. Tunjuk saja pengganti ketua harian kalau dianggap tidak maksimal, atau diambil alih langsung oleh bupati. Jangan sampai menunggu dulu jatuh korban, karena saat ini masyarakat hidup di bawah bayang-bayang wabah," tegasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)