Ratusan Motor Terjaring Razia Pajak di Sagulung

Selasa, 21 April 2015 - 12:00 WIB
Ratusan Motor Terjaring Razia Pajak di Sagulung
Ratusan Motor Terjaring Razia Pajak di Sagulung
A A A
BATAM - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batam merazia pengendara yang tidak taat membayar pajak di Jalan R Suprapto SP Plaza, Selasa (21/4) sekira pukul 09.30 WIB.

Razia Dispenda yang bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang dan Polisi Milter ini bertujuan meningkatkan kesadaran warga agar membayar pajak kendaraan.

Pantauan dilapangan, ratusan pengendara sepeda motor terjaring dalam razia ini. Tidak hanya sepeda motor, mobil mewah dan lori menjadi sasaran dalam razia ini.

Pengendara banyak yang kaget setelah melihat personel polisi mengarahkan pengendara menuju tempat pengecekan dokumen kendaraannya, sebagian ada juga yang berputar arah karena ingin menghindari razia ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dispenda Kota Batam wilayah Batuaji Isnur Fauzi mengatakan, razia ini merupakan agenda rutin tahunan.

Razia juga untuk menjaring pengendara wajib pajak. Bagi pengendara yang terjaring tidak membayar pajak, maka akan dikasih surat imbauan pembayaran wajib pajak.

"Agenda rutin tahunan, kerja sama dengan Satlantas Polresta Barelang dan Polisi Militer. Bagi yang tidak membayar pajak, kita kasih surat imbauan supaya wajib pajak," ujar Isnur di sela-sela razia.

Dia menjelaskan, bagi pengendara yang tidak memiliki surat-surat lengkap, maka akan diserahkan kepada pihak Polresta Barelang untuk memprosesnya.

Untuk target razia ini, dia menuturkan supaya warga yang memilik kendaraan agar taat membayar pajak.

"Surat-surat tak lengkap kita serahkan ke Polresta Barelang. Target supaya warga sadar pajak," ujarnya.

Tujuannya, pengandara harus taat membayar pajak kendaraannya guna pembangunan di Kota Batam.

Menurutnya, di Batuaji dan Sagulung ada peningkatan dari tahun ke tahun dalam membayar pajak kendaraan. Namun, belum sesuai dengan harapan karena masih banyak yang belum bayar pajak.

"Warga Batuaji dan Sagulung dengan kegiatan seperti ini, hasilnya cukup meningkat, tapi belum sesuai harapan. Mohon taat pajak, karena untuk membangun Batam juga. Warga mesti bayar pajak tepat waktu," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasubdit 1 Turjawali Polresta Barelang, Iptu Sayono mengatakan, razia ini merupakan kegiatan dari Dispenda Batam. Satlantas Polresta Barelang hanya membantu melaksanakan kegiatan ini.

Namun, jika ada pengendara yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya, pihaknya akan menindaknya. Tujuan razia ini agar masyarakat membayar pajak kendaraannya.

"Kegiatannya dari Dispenda, meminta kita untuk menertibkan pajak-pajak kendaaraan yang mati. Kalau masyarakat yang tidak lengkap surat-suratnya, kita akan tindak. Sekaligus menjalankan operasi Simpatik," kata Sayono.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4009 seconds (0.1#10.140)