Pasar Komputer Diprediksi Tumbuh Baik

Senin, 02 Maret 2015 - 10:27 WIB
Pasar Komputer Diprediksi Tumbuh Baik
Pasar Komputer Diprediksi Tumbuh Baik
A A A
SEMARANG - Pasar komputer baik PC (personal computer) maupun laptop di Jawa Tengah (Jateng), diyakini akan tetap tumbuh baik, meskipun kurs dolar yang masih tinggi berpengaruh terhadap harga komputer.

Kepala Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Ishak, tetap optimistis pen jualan komputer akan tetap tumbuh hingga 10 % dari pencapaian 2014 lalu. Optimisme tersebut karena penjualan sejak awal tahun 2015 sudah menunjukkan pertumbuhan relatif bagus.

“Penjualan awal tahun 2015 lebih baik dibandingkan awal tahun 2014, dan ini menjadikan kami semakin optimistis,” katanya di sela-sela pameran Apkomindo New Year Expo 2015 di Atrium Java Mall, kemarin. Dari sisi kebutuhan, menurut Ishak, kebutuhan akan produk IT masih cukup tinggi, baik perseorangan, swasta, maupun proyek pemerintah.

“Sekarang ini banyak perkantoran, industri, dan sektor pemerintah yang membutuhkan komputer sebagai penunjang pekerjaan mereka,” katanya. Dia mengakui, dengan makin tumbuhnya industri dan perkantoran di Semarang dan sekitarnya, juga akan mendongkrak pertumbuhan penjualan produk PC. “PC Pada tahun 2014 tumbuh sangat lambat yakni hanya sekitar 4%. Dengan makin tumbuhnya industri di Jateng, kami juga optimistis penjualan PC akan meningkat,” ucapnya.

Meski demikian, tambah Ishak, penjualan notebook dan tablet diprediksi juga akan tumbuh baik, terlebih untuk produk perpaduan notebook dan tablet atau biasa disebut hybrid . Produk yang berfungsi ganda baik sebagai notebook dan tablet tersebut banyak dicari oleh seseorang yang mobilitasnya tinggi.

“Mereka membutuhkan produk yang ringan, tipis, mudah dibawa ke mana saja, namun tetap berteknologi tinggi. Permintaan hybrid tahun ini akan meningkat apalagi didorong beberapa merek yang mengeluarkan produk baru dengan harga yang relatif terjangkau,” katanya.

Ketua DPD Apkomindo Jateng, Edy Joko Kiswanto, menambahkan, meski diprediksi penjualan komputer akan tumbuh baik, tetap akan kalah dengan penjualan gadget. “Penjualan terbesar masih didominasi gadget sebesar 60%, dan sisanya notebook serta aksesori lainnya seperti printer, keyboard, mouse,” ucapnya.

Dia menyatakan, untuk terus menggairahkan penjualan, Apkomindo akan melakukan pameran komputer. Tidak hanya di Semarang, namun juga di daerah-daerah lain, seperti Solo, Pekalongan, dan Kudus.

Andik sismanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6893 seconds (0.1#10.140)