Akses Jalan Bandung Barat-Cianjur Masih Tertutup Longsor, Pemprov Jabar Siapkan Jalur Alternatif

Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:44 WIB
loading...
Akses Jalan Bandung Barat-Cianjur Masih Tertutup Longsor, Pemprov Jabar Siapkan Jalur Alternatif
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meninjau langsung lokasi longsor di Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Foto/Yuwono W/iNewsTV
A A A
BANDUNG BARAT - Hingga hari ketiga, akses jalan penghubung dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung Barat dengan Cianjur, masih lumpuh akibat tertutup material tanah longsor. Bencana ini terjadi di Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat, sejak Selasa (14/5/2024) lalu.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meninjau langsung lokasi longsor dan menyampaikan bahwa pemerintah provinsi akan mempercepat penanganan bencana ini. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan membuat jalan alternatif melingkar di area yang aman dari longsor.

"Kami akan buat jalan alternatif melingkar di area yang aman dari longsor. Hal ini dilakukan agar aktivitas warga bisa kembali pulih dan roda perekonomian antar dua kabupaten ini bisa kembali normal," ungkap Bey.



Longsor tebing setinggi 200 meter di Gunung Halu menyebabkan akses jalan utama warga Cilanggari, Bandung Barat, dengan Cianjur amblas dan terputus. Akibatnya, warga terpaksa melewati jalan darurat yang dibuat petugas di atas bukit longsoran.

Bey mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan cuaca pancaroba yang saat ini sedang terjadi. "Cuaca pancaroba ini rentan menyebabkan bencana alam seperti longsor. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga," tutur Bey.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)
pixels