Warga Pesisir Tolak Pembangunan Bandara Kulonprogo

Rabu, 04 Februari 2015 - 13:12 WIB
Warga Pesisir Tolak Pembangunan Bandara Kulonprogo
Warga Pesisir Tolak Pembangunan Bandara Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - Sebanyak 250 warga pesisir Kulonprogo menolak rencana pembangunan Bandara Kulonprogo. Dalam aksinya, warga yang tergabung dalam Wahana Tri Tunggal (WTT) ini mendatangi Balai Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, DIY.

Sambil membentangkan poster, mereka melakukan orasi di Jalan Daendels (JJLS), yang isinya mengecam kehadiran bandara. "Kami temukan banyak kejanggalan, makanya kami tolak bandara tanpa syarat," jelas Nano, Korlap Aksi WTT, Rabu (4/2/2015).

Dalam aksi ini, perwakilan warga diterima tim untuk menyampaikan tuntutannya. Di antaranya, warga menolak pembangunan Bandara Kulonprogo tanpa syarat, tolak konsultasi publik, tolak penggusuran petani, dan tolak relokasi.

Warga juga meminta agar represifitas dan intimidasi dihentikan, serta penghentian kriminalisasi terhadap petani yang melakukan penolakan.

Anggota Tim Sosialisasi Pembangunan Bandara yang juga Kepala Biro Pemerintahan DIY Haryanto mengatakan, pernyataan dari tim telah diterima dan menjadi masukan baginya. "Terimakasih atas pernyataannya," jelasnya.

Akibat aksi ini, JJLS di kulonprogo ditutup. Jalur kendaraan dialihkan di jalan utama. Kemacetan lalu lintas di kawasan itu pun menjadi tak terhindarkan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2231 seconds (0.1#10.140)