Warga Satu Kampung di Padang Hidup Tanpa Listrik

Minggu, 26 Oktober 2014 - 08:45 WIB
Warga Satu Kampung di Padang Hidup Tanpa Listrik
Warga Satu Kampung di Padang Hidup Tanpa Listrik
A A A
PADANG - Sejumlah daerah di Tanah Air, hingga kini belum belum teraliri listrik. Salah satunya, Kampung Timbulun, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kampung ini dihuni oleh 30 orang kepala keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Kawasan ini terletak di daerah pinggir Kota Padang, sehingga jarang mendapat perhatian pemerintah kota setempat. Padahal, Kampung Timbulun ini sudah berusia ratusan tahun.

Salah satu buktinya adalah ketiadaan sarana penerangan dan aliran listrik. Agar bisa menikmati listrik, para penduduk setempat menciptakan kincir air yang sengaja dibuat secara swadaya dengan memanfaatkan derasnya arus sungai sebagai tenaga pembangkitnya.

Warga setempat hanya bisa memanfaatkan aliran listrik ini secara bergantian. Karena, kincir air tersebut hanya bisa menghasilkan listrik berkapasitas 1.200 hingga 2.000 voltase, yang hanya cukup untuk menghidupkan dua bola lampu dan televisi pada 10 unit rumah.

Suarno, ketua RT Kampung Timbulun berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat untuk sarana penerangan dan aliran listrik bagi kampung mereka.

Semoga, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional yang jatuh besok (27 Oktober), pemerintah setempat bisa tergugah dan melirik Kampung Timbulun agar teraliri listrik.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5938 seconds (0.1#10.140)