Ribuan Peziarah Padati Masjid Agung Banten

Minggu, 26 Oktober 2014 - 01:00 WIB
Ribuan Peziarah Padati Masjid Agung Banten
Ribuan Peziarah Padati Masjid Agung Banten
A A A
SERANG - Bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram 1436 H kemarin, ribuan peziarah memadari Masjid Agung Banten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Menurut Ketua Kenadziran Masjid Agung Banten Tb Ismatullah Al Abbas, ribuan peziarah mengunjungi masjid yang di dalamnya terdapat makam sultan Banten dan keturunannya. "Kalau tahun baru Islam kayak gini bisa mencapai 10 ribu peziarah yang datang," katanya saat ditemui di kediamannya, Serang, Banten, Sabtu (25/10/2014).

Ia juga menjelaskan, pada 1 Muharram, masjid yang dibangun Sultan Maulana Hasanuddin ini memang ramai dikunjungi peziarah dan pemburu karomah dari para sultan Banten. Hal itu terlihat sejak malam pergantian tahun bahkan hingga kemarin.

Selain masjid, lanjut Ismatullah, yang menjadi tujuan peziarah adalah Museum Surosowan, yang letaknya masih dalam satu kompleks masjid tersebut untuk menambah pengetahuan sejarah Masjid Agung Banten dan sejarah kesultanan Banten.

Sementara itu salah satu pengunjung dari Bogor Mufti Al Umam sengaja menghabiskan liburan di Banten sekaligus berziarah ke makam para sultan. "Sengaja di tahun baru Islam, memang sudah direncanakan, sekaligus mengajak keluarga untuk beribadah di sini" katanya

Pantuan Sindonews.com, peziarah menikmati keindahan masjid yang berarsitektur Cina dipadukan dengan Eropa ini. Banyak pengunjung menaiki menara masjid yang tingginya 10 meter. Mereka rela mengantre untuk menaiki menara yang mempunyai 83 anak tangga ini.

Selain menara masjid, peziarah juga mengantre untuk masuk makam Sultan Maulana Hasanuddin beserta istrinya serta Sultan Ageng Tirtayasa beserta keturunannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)