Warga Serang Belum Bisa Hilangkan Kebiasaan Dolbon

Rabu, 21 Mei 2014 - 01:50 WIB
Warga Serang Belum Bisa Hilangkan Kebiasaan Dolbon
Warga Serang Belum Bisa Hilangkan Kebiasaan Dolbon
A A A
SERANG - Belum semua warga Serang, Banten, menyadari pentingnya hidup sehat. Sebab, di antara mereka masih ada yang membuang hajat di kebun alias dolbon.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Siti Maani Nina, sebanyak 1.200 kepala keluarga masih belum bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

"Kita terus menekan angka dolbon yang masih cukup tinggi ini, salah satunya melakukan sosialisasi akan pentingnya hidup sehat dan membangun jamban di dalam rumah," ujarnya kepada wartawan, di Kecamatan Cipocok Jaya, Selasa (20/5/2014)

Menurut Nina, kendala yang dihadapi pihaknya adalah masyarakat masih belum sadar dan sulit menghilangkan kebiasan dolbon yang sudah turun-temurun serta adanya faktor ekonomi. "Alhamdulillah, dimulai dari sosialisasi yang dilakukan, sekarang masyarakat yang tadinya dolbon mulai sadar membangun toilet di rumahnya," terangnya.

Karena itu, dia juga meminta tokoh agama untuk terus memberikan pengarahan dan imbauan terkait pentingnya hidup sehat. Tokoh agama diandalkan karena masyarakat di Kota Serang lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh tokoh agama.

"Kita juga meminta bantuan kepada seluruh elemen masyarakat untuk menekan angka dolbon di Kota Serang, khususnya Kecamatan Cipocok Jaya," pungkas wanita berkerudung ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)