Kuota haji Polewali Mandar belum jelas

Senin, 05 Mei 2014 - 22:00 WIB
Kuota haji Polewali Mandar belum jelas
Kuota haji Polewali Mandar belum jelas
A A A
Sindonews.com - Jumlah calon haji (calhaj) untuk wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, pada tahun ini belum ada kejelasan dan kepastian. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polman rupanya masih menunggu surat dari pemerintah pusat.

"Sampai sekarang, belum kami tahu kuota haji untuk Polman tahun ini. Kami masih menunggu petunjuk dari pusat," kata Kepala Kemenag Polman Mahmudin, Senin (5/5/2014).

Menurut Mahmuddin, untuk tahun kemarin, jumlah kuota calon haji yang berangkat dari Polman sebanyak 400 orang setelah ada pengurangan sebanyak 20 persen dari jumlah calon haji nasional.

Menurut dia, untuk pemberangkatan tahun ini, calon haji yang masuk dalam pengurangan 20 persen tahun lalu akan menjadi prioritas untuk berangkat tahun ini. Sisanya akan diambil berdasarkan nomor porsi yang ada. "Yang jelas mereka akan mendapatkan jatah yang paling teratas. Karena dia sudah tertunda tahun keberangkatannya," jelasnya.

Selain belum mengetahui jumlah kuota calon haji tahun ini, Mahmuddin juga mengaku belum mengetahui secara detail jumlah Ongkos Naik Haji (ONH) tahun ini. Tetapi, sebagai perbandingan, pada tahun lalu, jumlah ONH berkisar Rp34 juta rupiah per CJH.

Sekadar diketahui, jumlah daftar tunggu CJH di Kabupaten Polman saat ini mencapai sekira 6.300 orang lebih. Pada tahun ini, Kemenag memperkirakan mereka yang berangkat adalah CJH yang mendaftar pada pertengahan Juli-akhir November 2009.

Meski hingga saat ini Kemenag belum mengetahui berapa kuota dan biaya ONH, sebagai persiapan pihaknya telah membentuk majelis taklim haji yang diberi pembinaan dan sosialisasi haji lebih awal. Dengan begitu, tambah Mahmuddin, calon haji Polman yang berangkat ke Tanah Suci bisa lebih memantapkan diri agar bisa menjalankan ibadah secara baik dan benar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7778 seconds (0.1#10.140)