LMND Garut terlibat bentrok dengan polisi

Selasa, 11 Maret 2014 - 13:01 WIB
LMND Garut terlibat bentrok dengan polisi
LMND Garut terlibat bentrok dengan polisi
A A A
Sindonews.com - Belasan mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di Gedung DPRD Kabupaten Garut. Bentrokan terjadi setelah mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi bakar ban di halaman gedung wakil rakyat.

Mahasiswa dan aparat bersitegang saat salah satu anggota polisi mencoba memadamkan api. Merasa tidak terima, mahasiswa mulai mendorong barikade yang dibentuk oleh aparat kepolisian.

Tak memerlukan waktu lama, bentrokan antara kedua kubu ini pun terjadi. Dari pantauan di lokasi, tiga mahasiswa peserta demo dipukuli aparat kepolisian. Sedangkan dua orang lainnya dipegangi anggota intel Polres Garut. Polisi terpaksa mengambil tindakan represif karena aksi mahasiswa dinilai telah melampaui batas dan bersikap anarkis.

Sementara kubu mahasiswa menganggap tindakan kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian sudah membatasi ekspresi mereka dalam menyampaikan aspirasi. Sebelumnya kedatangan mahasiswa ke Gedung DPRD ini tidak lain adalah untuk melakukan audiensi dengan para wakil rakyat.

“Kami meminta agar DPRD Garut memaksimalkan fungsi pengawasan. Kami juga mendesak agar Inspektorat Garut melaporkan hasil pemeriksaan mereka dengan cara yang transparan. Jangan sampai ada main dengan koruptor. Justru koruptor harus ditindak tegas karena selama ini mereka masih bisa bebas berkeliaran,” kata Koordinator Aksi Mahasiswa Ahmad Nasir, Selasa (11/3/2014).
Namun sayang, upaya mahasiswa untuk berdialog dengan anggota DPRD gagal. Sebab pada Selasa ini anggota DPRD tengah mengikuti kegiatan pembahasan di Jakarta.

“Mahasiswa memang pada pertengahan pekan sebelumnya sudah menyampaikan keinginan mereka untuk melakukan audiensi dengan anggota DPRD pada Selasa ini. Cuma kami sudah menjawab kepada mereka bahwa anggota DPRD memiliki agenda di Jakarta. Namun tampaknya mahasiswa tetap ingin bertemu dengan anggota dewan hari ini,” tukas Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Garut Dedi Mulyadi.

Baca:
Mahasiswa LMND Garut sandera mobil pemerintah
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6055 seconds (0.1#10.140)