Peringati hari kontrasepsi, BKKBN Jabar giatkan KB

Rabu, 25 September 2013 - 15:39 WIB
Peringati hari kontrasepsi, BKKBN Jabar giatkan KB
Peringati hari kontrasepsi, BKKBN Jabar giatkan KB
A A A
Sindonews.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat menggelar program Tancap 10.000 Implan. Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Kotrasepsi Dunia atau World Contraception Day yang jatuh setiap 26 September.

Selain itu, sebagai bagian dari revitalisasi program kependudukan dan keluarga berencana (KB). Sebanyak 10.000 alat kontrasepsi jenis implan akan dipasang gratis kepada masyarakat di delapan kabupaten di wilayah Jawa Barat Tengah.

Setelah dilepas Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, 30 mobil unit penerangan diberangkatkan untuk menjangkau delapan kota tersebut dalam tujuh hari.

Mulai Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, hingga Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di wilayah Jawa Barat bagian utara dan selatan. “Ini kali ketiga, pada 2011 kami ke wilayah pantai selatan, 2012 kita ke wilayah Pantura. Ditargetkan pada kegiatan ini, kami mampu menambah 10.000 peserta baru KB implan,” ungkap Ketua Penyelenggara Rudy Budiman, Rabu (25/9/13).

Menurut Rudy, output kegiatan ini yakni tersedianya data dan peta keluarga dan tersosialisasikannya program ketahanan dan kesejahteraan keluarga. “Di samping itu, terbentuknya monografi desa dan tersampaikannya pesan KB bahwa dua anak cukup,” tuturnya.

Ketua BKKBN perwakilan Jawa Barat Siti Fathonah mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan peringatan Hari Kontrasepsi Dunia atau World Contraception Day (WCD). Momentum ini digunakan untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam penggunaan kontrasepsi untuk mengendalikan kelahiran.

Saat ini, jumlah penduduk di Jawa Barat mencapai lebih dari 43 juta jiwa, dan 12 juta pasangan usia subur (PUS). Dengan laju pertambahan penduduk yang mencapai 1,89 persen, diperkirakan dalam 37 tahun ke depan penduduk Jawa Barat akan bertambah dua kali lipat menjadi 90 juta jiwa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4810 seconds (0.1#10.140)