Jawa Barat & Banten

Dana hibah guru honorer bisa cair bulan ini

Senin,  9 September 2013  −  19:55 WIB
Dana hibah guru honorer bisa cair bulan ini
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Sembilan bulan menunggu pencairan, ribuan guru honorer boleh bernafas lega. Pasalnya September ini dana hibah yang diproyeksikan bagi mereka siap dicairkan.

"Peraturannya sudah ditandatangani, dananya sudah ada dan sistemnya pun sudah dijelaskan. Tinggal para guru mengumpulkan persyaratannya dan nomor rekeningnya, lalu nanti dikirim via transfer," ungkap Ketua Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) Yanyan Herdian kepada Sindonews, di Bandung, Senin (9/9/2013).

FKGH sendiri merupakan forum yang ditunjuk untuk mengakomodir administrasi para guru. Nantinya data para pendidik tersebut akan dikirimkan pada Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS).

"DPKAD (Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah) Kota Bandung melalui data BMPS akan menyalurkan ke guru-guru via transfer rekening," tambahnya.

Dikatakan Yanyan, keterlambatan bantuan ini karena DPKAD yang ditunjuk Pemkot Bandung tidak bisa menyalurkan dana langsung kepada para guru. Sehingga membutuhkan badan yang dikelola oleh himpunan sekolah yakni BMPS.

"Sementara BMPS sendiri tidak tidak bisa mengkoordinir langsung sehingga mengandeng FKGH. Proses ini yang membuat pencairan berlangsung begitu lama," bebernya.

Rencananya dana hibah ini akan dibayarkan langsung selama satu tahun kepada 19.677 guru honorer. "Jadi buka dibayar sembilan bulan saja tapi langsung satu tahun," ujar Yanyan yang mengatakan setiap guru akan memperoleh sekira Rp3 juta.


(rsa)

views: 2.774x
shadow