Gunung Guntur bergejolak, BPBD siapkan evakuasi

Kamis, 05 September 2013 - 17:04 WIB
Gunung Guntur bergejolak, BPBD siapkan evakuasi
Gunung Guntur bergejolak, BPBD siapkan evakuasi
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan evakuasi untuk mengantisipasi naiknya status Gunung Guntur, di Kabupaten Garut, menjadi waspada.

Hal itu ditegaskan Kepala BPBD Jabar, Udjwalaprana Sigit kepada wartawan, Kamis (5/9/2013). Menurutnya, pihaknya saat ini tengah menyusun rencana kontijensi jika nantinya status naik menjadi siap.

"Artinya zona evakuasi, jalur evakuasi, peralatan evakuasi dan latihan evakuasi sudah kita terapkan semua pada saat Gunung Guntur naik ke level waspada," jelasnya kepada wartawan, Kamis (4/9/2013).

Mengingat status Gunung Guntur yang masih naik-turun, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi daerah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Selain mengantisipasi Gunung Guntur, pihaknya juga mengaku terus mengawasi pergerakan Gunung Papandayan yang juga statusnya saat ini sama.

"Zona (evakuasi) sudah kita siapkan, itu menjadi hal utama yang kita siapkan. Jalur sudah kita siapkan dan sudah disosialisasikan kepada maysarakat," ucapnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0869 seconds (0.1#10.140)