Pilkada

6 pasangan calon Pilkada Wajo ambil nomor urut

Jum'at,  19 Juli 2013  −  04:17 WIB
6 pasangan calon Pilkada Wajo ambil nomor urut
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Enam pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wajo, resmi mendapatkan nomor urut untuk maju, pada Pilkada September 2013. Keenam pasangan itu menilai, nomor urut yang disandang merupakan angka keberuntungan bagi mereka.

Berdasarkan pengundian dan penetapan melalui pleno terbuka Kemaridi, Gedung Islamic Centre, pasangan Sanusi Karateng-Andi Surya Agraria (Sutera) mendapatkan nomor urut 1, pasangan Andi Safri Modding-Rahman Rahim (Tabe Samaki) mendapatkan nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Andi Suryadi Belo-Muhammad Sabaruddin Mallo (ASB) mendapatkan nomor urut 3. Pasangan incumbent Andi Burhanuddin Unru-A Syahrir Kube Dauda mendapatkan nomor urut 5, dan pasangan Amran Mahmud-Andi M Yusuf Machmud Korosi (AYM Amanah) mendapatkan nomor urut 6.

"Angka satu mudah diketahui oleh masyarakat pedesaan, karena membaca angka pasti diawali dengan nomor satu," kata calon Wakil Bupati Andi Surya Agraria, usai mendapatkan nomor urut, Kamis (18/7/2013).

Sementara, pasangan Tabe Samaki dengan nomor urut 2, mengaku memang dari awal menginginkan dan mengfavoritkan nomor urut 2. Menurutnya, angka dua jika dibentuk dengan jari angka dua juga membntuk huruf V yang merupakan huruf awal dari kata viktori (kemenangan).

"Memang dari awal kami mengfavoritkan angka kemenangan tersebut, dan ini merupakan tanda-tanfa kemenangan kami. Kami yakin menang satu putaran," kata calon Bupati Wajo dari nomor urut 2 Andi Safri Modding.

Begitupun dengan pasangan nomor urut 3 (Amin) yang mengaku bersyukur dengan nomor urut yang didapatnya, karena dari dulu pasangan tersebut memang mencintai angka ganjil.

"Ini pertanda Tuhan memberikan jalan yang terbaik untuk Amin, dengan nomor urut tersebut Amin dengan keyakinan penuh untuk rakyat Wajo akan memenangkan pilkada," kata calon Wakil Bupati pasangan Amin Saidiman.

Senada, pasangan nomor urut 4 juga mengaku bersyukur dengan nomor urut yang didaptnya. "Ini nomor keberuntungan, kalau angka empat di balik maka akan menjadi simbol kursi," kata Calon Bupati Wajo dari ASB Andi Suryadi Belo.

Sementara itu pasangan incumbent Asyik yang mendapatkan nomor urut 5 mengaku, angka lima mempunyai arti yang sangat luas bagi pasangan Asyik.

"Dari segi program angka lima mengisyaratkan untuk melanjutkan pembangunan 5 tahun lagi. Dari segi politik, ini menandakan adanya lima partai politik yang mengusung pasangan ini, dan dari segi spiritual, angka lima merupakan rukun Islam," kata master campaign Pasangan Asyik baso Rahmanuddin.

Sementara itu, pasangan AYM Amanah yang mendapatkan nomor urut 6 mengaku, angka itu merupakan angka terbaik untuk memulai sesuatu.

"Ini juga sejalan dengan perogram yang kami canangkan, yakni Amanah 321, ketika angka 321 ditambahkan maka hasilnya enam. Angka ini menjadi angka terbaik buat kami karena angka enam merupakan angka keutamaan Islam yakni rukun iman enam perkara," kata calon Bupati Wajo AYM Amanah, Amran mahmud.

Pantauan wartawan, pengundian nomor urut berjalan dengan aman dan lancar. Para kandidat mengumbar kemesraan dengan berpelukan dan foto bersama di depan para simpatisan yang hadir.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri oleh Komisioner KPU, Panwaslu, unsur Muspika, dan juga dihadiri oleh mantan Bupati Wajo Andi Asmidin.

Beikut nomor urut, dan masing-masing partai yang mengusungnya:

Nomor Urut 1: M. Sanusi Karateng-Andi Surya Agraria diusung PDK, Hanura, dan PPN.

Nomor Urut 2: Andi Safri Modding-Rahman Rahim diusung Partai Demokrat, PKS, dan PPI.

Nomor urut 3: Andi Asriadi Mayang-Muh Saidiman diusung PDP, Partai Merdeka, PKNU, Nasrep, Gerindra, PKPI, dan Partai Karya Perjuangan.

Nomor Urut 4: Andi Suriadi Belo-Muhammad Sabaruddin Partai diusung PBR, Partai Pelopor, Republikan, PPPI, PIS, Partai Buruh, PPDI, PKPB, PBB, PNI-Marhaen, PKBIB, PMB, dan Partai Barisan Nasional.

Nomor urut 5: Andi Burhanuddin Unru-Syahrir Kube Dauda Partai pengusung Golkar, PKB, PPP, PDIP, dan Partai Patriot.

Nomor urut 6: Amran Mahmud, Andi M Yusuf Machmud Korosi diusung Partai Kedaulatan, PNBKI, dan PAN.


(san)

views: 2.092x
shadow