Teror di Poso, polisi tambah personel

Rabu, 24 Oktober 2012 - 18:12 WIB
Teror di Poso, polisi tambah personel
Teror di Poso, polisi tambah personel
A A A
Sindonews.com - Rangkaian aksi teror dan peledakan bom yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) membuat kekuatan aparat kepolisian di Poso, Sulteng terus ditambah. Setidaknya sebuah tim Rainmas yang berkekuatan 15 sepeda motor dan sebuah kendaraan taktis lapis baja baracuda telah dikerahkan ke wilayah itu untuk mendukung kegiatan operasional Polres Poso.

Kekuatan Polri di Poso terus ditambah menyusul perkembangan situasi di daerah itu yang sepanjang Oktober 2012 diwarnai dengan sejumlah peristiwa kekerasan. Di antaranya ledakan dan teror bom yang terjadi di wilayah itu.

Penambahan kekuatan Polri di Poso itu terlihat dengan masuknya kendaraan taktis baracuda dari Polda Sulteng. Kendaraan lapis baja baracuda tersebut terakhir kali beroperasi di Poso pada tahun 2007 silam disaat polisi pada saat itu melakukan kegiatan penegakan hukum terhadap kelompok bersenjata di wilayah itu.

Selain kendaraan taktis baracuda yang telah dikerahkan ke Poso, Polda Sulteng juga mengirimkan satu peleton Renmas dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Kepala Bagian Operasi Polres Poso Kompol Agustinus Rampalino mengatakan kedatangan baracuda dan Renmas Sabhara dari Polda Sulteng itu dimaksudkan untuk mendukung kegiatan kepolisian di wilayah Kabupaten Poso.

"Dari jumlah total sekitar seribu personel aparat kepolisian yang dimiliki Polres Poso, 650 personel dilibatkan secara khusus untuk melakukan pengamanan dan pencegahan tindakan teror," ungkap Agustinus menjelaskan kepada wartawan, Rabu (24/10/2012).

Kepolisian di Poso juga masih memusatkan perhatian mereka di sekitar Dusun Tamanjeka dan Uweralulu untuk melakukan pencarian terhadap para pelaku kekerasan termasuk pembunuhan terhadap dua anggota polisi di Poso. Hingga saat ini, sembilan jalur akses ke wilayah Tamanjeka di Poso Pesisir masih dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Pihak kepolisian bersama TNI dari Batalyon 714 Sintuwu Marosso juga mengintensifkan kegiatan patroli di dalam hingga keluar kota untuk mencegah ancaman teror.

Sementara itu situasi di Kota Poso secara umum masih aman terkendali. Warga di daerah itu tidak terprovokasi dengan berbagai teror dan peledakan bom yang terjadi di wilayahnya pekan ini.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8164 seconds (0.1#10.140)