JR Saragih Berharap Gereja Bekerja Sama dengan Pemerintah

Minggu, 04 Desember 2016 - 21:17 WIB
JR Saragih Berharap Gereja Bekerja Sama dengan Pemerintah
JR Saragih Berharap Gereja Bekerja Sama dengan Pemerintah
A A A
PEMATANGSIANTAR - Gereja bisa besar bila bergandengan tangan dengan pemerintah. Hal itu disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih dalam perayaan HUT ke-66 Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun, Jalan Nias, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Minggu (4/12/2016).

JR Saragih mengatakan, gereja mampu membangun komunikasi dua arah dengan pemerintah karena punya peran yang sama yakni melayani masyarakat. "Untuk itu, marilah kita bersama-sama pemerintah dan gereja memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu sebabnya saya datang ke sini, karena saya ingin melayani masyarakat," ujar JR Saragih.

JR Saragih pun berpesan kepada Persadan Man Anak Gerejanta (Permata) untuk menunjukkan jati dirinya dan jangan pernah meninggalkan adat budaya serta bahasa asal daerahnya.

"Jika kalian tidak menunjukkan jati diri, maka sama dengan mati ruhnya. Begitu pun dengan bahasa daerah kalian berasal. Jika di rumah gunakanlah bahasa daerah, karena berbahasa Indonesia sudah didapatkan di sekolah dan gereja," kata JR Saragih.

Dalam kesempatan itu, JR Saragih mendonasikan dana dari kantong pribadinya sebesar total Rp20 juta untuk membantu memperlancar aktivitas pelayanan gereja ke masyarakat. Donasi sebesar Rp15 juta sebagai dana perayaan. Sementara, Rp5 juta untuk generasi muda dan paduan suara. "Saya yakin, generasi muda dari gereja ini akan mampu menjadi garam yang terang di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Kepala Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kota Pematangsiantar Lukas Barus mengatakan, Pemkot Pematangsiantar menyambut baik harapan JR Saragih dalam hal bekerja sama pelayanan kerohanian atau keagamaan di tengah-tengah masyarakat dengan sinergi antara gereja dan pemerintah.

"Kami juga berharap GBKP mampu memberikan layanan agama di tengah-tengah masyarakat dan bekerja sama dalam pelayanan kerohanian. Kami dari Pemkot Pematangsiantar mendonasikan Rp10 juta untuk perayaan dan Rp1 juta dari dana pribadi," kata Lukas Barus.

Ketua Panitia HUT GBKP Sowe Permata Ginting mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi JR Saragih sebagai kepala daerah Simalungun namun mau berkenan hadir dalam perayaan Gereja GBKP di Pematangsiantar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0536 seconds (0.1#10.140)