SPBU Kehabisan Stok, Pemudik Antre Berjam-jam

Selasa, 05 Juli 2016 - 05:13 WIB
SPBU Kehabisan Stok, Pemudik Antre Berjam-jam
SPBU Kehabisan Stok, Pemudik Antre Berjam-jam
A A A
TEGAL - Penderitaan pemudik pada arus mudik Lebaran tahun ini sepertinya tak kunjung reda. Setelah terjebak kemacetan parah hingga puluhan jam, pemudik masih harus menunggu lama untuk mengisi BBM karena sebagian besar SPBU di jalur pantura kehabisan stok.

Salah satu SPBU yang kehabisan stok BBM yakni SPBU ‎44.521.09 di jalur pantura Suradadi, Kabupaten Tegal.

Puluhan kendaraan pemudik harus antre berjam-jam, Senin 4 Juli 2016 malam tanpa kepastian menunggu truk tangki BBM datang.

Hingga ‎Selasa (5/7/2016) dini hari pukul 01.30 WIB, antrean kendaraan pemudik sudah mengular hingga sekitar 500 meter.

Pemandangan serupa juga terlihat di sejumlah SPBU lain.‎ Jika pun masih ada stok BBM, antrean kendaraan pemudik yang hendak mengisi BBM sudah panjang dan meluber hingga ke bahu jalan.

"Sudah ngantre empat jam. Ada (mobil pemudik) yang sudah mogok dan keliling pakai ojek nyari di SPBU lain, tapi juga nggak dapat, sudah habis semua," kata seorang pemudik, Yuliawan yang tengah antre di SPBU 44.521.09, kepada Sindonews, Selasa (5/7/2016).

Yuliawan terpaksa menunggu hingga pasokan BBM tambahan dari Pertamina tiba‎ kendati tidak mengetahui kepastianya jam berapa. Sebab mobilnya sudah nyaris kehabisan BBM. "Sudah ketap-ketip," ujarnya.

‎Dia juga mengaku sudah membeli Pertamax saat terjebak kemacetan di Tol Pejagan-Brebes Timur sebanyak sekitar 4 liter dengan harga Rp 200.000.

"Itu pun tidak sampai full tangki. Cuma agar bisa jalan sampai SPBU setelah keluar dari tol, tapi ternyata di SPBU juga rata-rata sudah habis semua," ucapnya.

Manajer SPBU 44.521.09, Toto mengatakan, semua jenis BBM yang dijual sudah habis sejak pukul 21.00 WIB. Permintaan tambahan pasokan juga sudah disampaikan ke Depo Pertamina di Kota Tegal.

"Premium, Solar, Pertalite, dan Pertamina Dex habis semua. Katanya sedang dikirim, tapi sampai sekarang belum sampai-sampai," ujar Toto.

Menurut Toto, stok semua jenis BBM yang sudah habis total 57 kiloliter. Stok tersebut dipasok pada hari Minggu 3 Juli 2016. "Cepat habis karena melonjak penjualannya. Tetapi arus mudik sebelumnya tidak sampai separah ini," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6138 seconds (0.1#10.140)