Jokowi Resmikan 1 Juni Hari Libur Nasional

Rabu, 01 Juni 2016 - 11:41 WIB
Jokowi Resmikan 1 Juni Hari Libur Nasional
Jokowi Resmikan 1 Juni Hari Libur Nasional
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan 1 Juni menjadi hari libur nasional, dan akan berlaku mulai tahun 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberi sambutan dalam Hari Lahir Pancasila dan Pidato Bung Karno, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).

"Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, dengan mengucap bismillah, dengan Keputusan Presiden, tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan, dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila," kata Jokowi, langsung disambut tepuk tangan hadirin.

Sebelum membacakan keputusannya, Jokowi sempat bercerita panjang lebar seputar Pancasila. Dia mengungkap pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Hal itu yang kemudian membuatnya menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Dengan begitu, Pancasila diharapkan semakin diamalkan dan dijaga kelanggengannya.

"Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara harus diketahui asal-usulnya. Pancasila harus diamalkan, Pancasila harus jadi ideologi yang bekerja, Pncasila harus dijaga kelanggengannya," jelas Jokowi.

Setelah Jokowi selesai menyampaikan pidato, Jokowi dan para petinggi negara dijadwalkan akan napak tilas ke Penjara Banceuy yang sempat jadi tempat Soekarno di penjara.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6567 seconds (0.1#10.140)