Empat Kecamatan di Karawang Darurat Longsor

Jum'at, 29 Januari 2016 - 15:23 WIB
Empat Kecamatan di Karawang Darurat Longsor
Empat Kecamatan di Karawang Darurat Longsor
A A A
KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang sejak 20 Januari 2016 menetapkan status darurat bencana longsor di empat kecamatan. Empat kecamatan tersebut yaitu Jatisari, Ciampel, Pangkalan, dan Tegal Waru.

Keempat kecamatan tersebut merupakan kawasan dataran tinggi yang setiap musim penghujan selalu mengalami longsor akibat pergerakan tanah.

"Berdasarkan data yang kami miliki daerah ini setiap tahun mengalami longsor. Makanya ketika musim hujan datang, keempat kecamatan ini yang kita tetapkan sebagai daerah darurat bencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Asip Suhendar, Jumat (29/1/2016).

Penetapan darurat daerah rawan longsor menggunakan study story yaitu pihak BPDB menggunakan data daerah longsor tahun 2014. "Selain longsor, pergerakan tanah di dataran tinggi juga harus menjadi kewaspadaan kita bersama," katanya.

Asip mengatakan, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Bina Marga, dan Pengairan (BMP), serta dinas lainnya, sudah siap mengantisipasi longsor.

"Kami sudah melakukan koordinasi dan siap segala sesuatunya. Apalagi kita sudah menetapkan darurat bencana yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) bupati sejak 20 Januari 2016 lalu."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)