Hadapi Pilkada, Mura dan Muratara Siaga 1

Senin, 07 Desember 2015 - 15:58 WIB
Hadapi Pilkada, Mura dan Muratara Siaga 1
Hadapi Pilkada, Mura dan Muratara Siaga 1
A A A
MUARABELITI - H-3 pelaksanaan Pilkada Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menyatakan siaga I operasi pengamanan pilkada di dua kabupaten tersebut.

Kapolres Mura, AKBP Herwansyah Saidi s juga mengancam memecat anggotanya jika terlibat politik praktis saat pilkada digelar.

"Saya tegaskan ini operasi status siaga I. Anggota saya tekankan belajar bertanggung jawab dengan tugas yang diemban. Saya tidak ingin ada anggota Polri yang BKO Pilkada terlibat politik praktis karena ada keluarga yang ikut pilkada," kata Kapolres Mura, AKBP Herwansyah Saidi saat menjadi inspektur apel pengecekan pengaman PAM TPS Pilkada Mura dan Muratara, Senin (7/12/2015) di halaman Mapolres Mura.

Menurutnya, seluruh personel statusnya BKO. Sebagai Kapolres dan pemimpin BKO ini tugas Polri bagaimana dituntut, diuji bisa atau tidak amankan Pilkada Mura dan Muratara.

Dan diingatkan kembali tidak ada anggota Polri yang tersebar PAM TPS terlibat PAM TPS melakukan pencatatan saat di TPS atau ikut menandatangani berkas yang ada karena tugas Polri hanya melakukan pengamanan.

"Jangan ada anggota Polri sibuk mencatat saat proses di TPS menandatangi berkas atau menjadi saksi. Karena semua tugas dari penyelenggara pilkada bukan Polri. Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pimpinan yang ada. Saya ingin anggota celaka," jelas dia.

Herwansyah menjelaskan, pahami tugas karena Polri pasif bertugas mengamankan proses pengiriman logistik dari PPK ke TPS maupun setelah proses pencoblosan dari TPS ke PPK. Kalau ada tindakan pidana baru ambil tindakan hukum yang terintegrasi.

"Laporkan hal sekecil apapun. Tingkatkan koordinasi antar sesama belajar bertanggung jawab. Sekarang giat operasi sanksinya tentu tegas beda dengan sanksi giat harian. Saya sebagai pengendali ingin anggota selamat dan tidak celaka," ujar Herwansyah.

Terpisah, Kapolres Kota Lubuklinggau, AKBP Ari Wahyu Widodo diwakilkan Kabag Ops Kompol Dwi Prasetyo mengatakan sebanyak 100 personel Polres Lubuklinggau terjun dalam BKO Pilkada di Muratara. "100 personel diturunkan 50 personel Dalmas dan 50 personel PAM TPS," timpal Dwi.

Pantauan Koran SINDO Palembang. Satu persatu personel BKO Pilkada Mura dan Muratara datang ke Mapolres Mura. Seperti, BKO personel Polres Empat Lawang, Musi Banyuasin, Lahat, Pagar Alam dan Satbrimob Polda Sumsel.

Seluruhnya melakukan giat pengecekan pengamanan TPS. Selain itu, Kaden Satbrimob Petanang, AKBP Bacthiar juga turun melihat kesiapan BKO pilkada Mura dan Muratara di Mapolres Mura.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)