Sepekan Ditempati, Rumah Warga Kulonprogo Ludes Terbakar

Kamis, 26 November 2015 - 15:35 WIB
Sepekan Ditempati, Rumah Warga Kulonprogo Ludes Terbakar
Sepekan Ditempati, Rumah Warga Kulonprogo Ludes Terbakar
A A A
KULONPROGO - Bangunan rumah dan dapur milik Simon Payoh, di Pedukuhan Kalinongko, Kedungsari, Pengasih, Kamis (26/11/2105) dini hari tadi terbakar.

Api langsung meludeskan seluruh bangunan dan isinya yang sedang ditinggal pergi pemiliknya. Seluruh harta benda dan surat berharga ikut terbakar.

Salah seorang saksi yang juga kerabat korban Sungagi mengatakan, api diketahui membesar sekitar pukul 00.30 WIB. Saar itu Aziz yang rumahnya bersebelahan dengan rumah korban berteriak meminta tolong.

Warga langsung berdatangan dan berupaya memadamkam api. Namun karena api yang cukup besar dan sumber mata air terbatas, api sulit dipadamkan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD Kulonprogo, ikut dikerahkan untuk memadamkan api.

Namun api baru bisa dipadamkan selang tiga jam kemudian. "Tidak ada barang yang bisa diselamatkan, karena api sudah terlanjur besar," jelasnya.

Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik. Sebelum kejadian, hujan sempat mengguyur kawasan ini dan disusul dengan listrik padam.

Selang beberapa menit kemudian, listrik sempat hidup, dan mati kembali. "Sepertinya dari konsleting listrik karena rumah kosong," tutur Sungagi.

Saat kejadian, pemilik rumah sedang pergi ke Temanggung, Jawa Tengah untuk menengok anaknya. Malam itu juga korban langsung kembali ke rumahnya.

Namun dia justru syock melihat rumahnya yang baru sepekan dibangun ludes. Rumah semi permanen ini rata dengan tanah, dan semua barang berharga ludes.

Seperti surat nikah, sertifikat tanah, hingga beberapa perkakas rumah tangga dan barang elektronik. Diperkirakan kerugian mencapai Rp75 juta. "Semuanya terbakar, tidak ada yang tersisa," terang Simon pasrah.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4943 seconds (0.1#10.140)